fbpx
Connect with us

Politik

Jika Kondisi Membaik, Pilkada Akan Dilaksanakan Desember

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Di tengah pademi global, pemerintah pusat bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus melanjutkan pembahasan terselenggaranya Pikada serentak yang sebelumnya akan dihelat pada September 2020 di sejumlah daerah. Saat ini, jadwal Pilkada sendiri ditangguhkan lantaran adanya tanggap darurat covid19. Disepakati bahwa Pilkada akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2020 mendatang.

Sebelum diputuskan, ada tiga opsi yang dibahas. Yakni jika kondisi hingga Mei mendatang sudah membaik dan stabil, Pilkada akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. Pelaksanaan Pilkada pada bulan Desember 2020 ini merupakan opsi pertama. Kemudian opsi kedua (B), Pilkada diusulkan akan diselenggarakan pada 1 April 2021 dan opsi ketiga diselngggarakan pada 3 September 2021 mendatang.

Berita Lainnya  Pengurus DPW Dukung Sunaryanta Langsung Diberhentikan, NasDem: Tak Ada Ruang Untuk Politisi Pragmatis

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan hingga disepakati dan diputuskan bahwa Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Namun demikian, jika kondisi belum membaik dan masih ditetapkan Tanggap Darurat Corona, maka ada potensi penundaan sampai 2021.

“Hasil rapat yang diterima seperti itu. Kepastian lanjutan kami menunggu surat resminya, dari pusat pun juga menunggu kondisi stabil,” terang Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani.

Saat ini, ada 4 tahapan yang terpaksa ditunda oleh KPU yakni berkaitan dengan verifikasi faktual dokumen pasangan independen dan beberapa kegiatan lainnya. Untuk anggota KPU sendiri memang sebagian bekerja dari rumah mengingat kondisi sekarang ini.

“Untuk PPS Dan PPK masih kami lakukan penonaktifan kerja,” tambahnya.

Disinggung mengenai anggaran Pilkada apakah akan digunakan untuk penanggulangan Covid19 terlebih dahulu, dirinya belum bisa berkomentar banyak. Menurut dia, nantinya ada kebijakan tersendiri dari pemerintah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berita Lainnya  Kembali Diaktifkan, Bawaslu Akan Awasi Pergerakan Rektor UNY Dalam Bursa Pilkada Gunungkidul

“Kalau sebagian yang sudah diserahkan ke KPU masih disimpan, kemudian sebagian anggaran masih ada di Pemkab Gunungkidul,” tutup Ahmadi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler