fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Jumlah Kasus Terus Melonjak, Kapasitas Bed Perawatan Pasien Covid di Gunungkidul Menipis

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Jumlah kasus positif covid19 di Gunungkidul terus melonjak. Pada seminggu terakhir, penambahan kasus setiap harinya bahkan mencapai ratusan. Adanya peningkatan jumlah kasus yang signifikan ini tentunya berdampak pada layanan fasilitas kesehatan. Saat ini, ketersediaan tempat tidur di rumah sakir rujukan penanganan covid di Gunungkidul terus menipis. Di RSUD Wonosari, tempat tidur untuk pasien covid dan ICU hampir semuanya digunakan.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengungkapkan, jumlah kasus harian covid19 di Gunungkidul memang cukup tinggi. Sudah sejak beberapa hari terakhir ini, ratusan orang dinyatakan positif setiap harinya. Terakhir pada Jumat (18/06/2021) kemarin, tercatat terjadi tambahan 108 orang yang terkonfirmasi positif. Total sekarang ini, ada 924 orang dengan status covid19 aktif yang menjalani isolasi mandiri maupun dalam perawatan di rumah sakit.

Ia menyebut dengan banyaknya kasus terkonfirmasi ini, tempat tidur rumah sakit untuk pasien covid19 yang tersedia hampir semuanya terpakai. Adapun pemerintah sendiri menyediakan 99 tempat tidur untuk kasus covid yang tersebar di rumah sakit swasta dan milik daerah. Saat ini, sudah ada 71 bed yang telah digunakan oleh pasien.

“Skema penambahan tempat tidur tentu selalu ada. Kami akan segera adakan pertemuan dengan pimpinan rumah sakit daerah dan swasta untuk skema ini,” ujar Dewi Irawaty, Sabtu (19/06/2021) siang.

Menurutnya, Dinkes DIY menganjurkan kapasitas ditambah 30 dari setiap fasilitas kesehatan yang ada di daerah. Untuk itu pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengadakan rapat koordinasi berkaitan dengan panambahan kapasitas.

“Sedang dibahas untuk penambahan kapasitas ruang perawatan covid di rumah sakit di Gunungkidul,” beber dia.

Sementara itu, Direktur RSUD Wonosari, Dr. Heru Sulistyowati mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah opsi untuk menambah bed bagi pasien terkonfirmasi covid19. Dijelaskannya, RSUD Wonosari sendiri saat ini menyediakan 44 bed. Ia menambahkan, jika lonjakan terus terjadi, pihaknya bisa segera menambah 10 tempat tidur lagi.

“Kami akan memanfaatlan ruang di lantai 2 yang ada di IGD,” ucapnya.

Dengan ditambahnya tempat tidur, nantinya juga harus diimbangi dengan tenaga medis yang berjaga di bangsal tambahan tersebut. Mereka ditugaskan untuk melakukan pemantauan dan perawatan terhadap pasien covid19. Pun demikian dengan peralatan di bangsal tambahan tersebut, juga harus memadahi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler