fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kadaluarsa Akhir Bulan Ini, Stok Vaksin Aztra Zeneca Harus Segera Didistribusikan ke Masyarakat

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Stok vaksin AstraZeneca yang dimiliki Dinas Kesehatan Gunungkidul akan segera kadaluarsa pada akhir bulan ini. Saat ini, Dinas Kesehatan Gunungkidul masih mememiliki ratusan dosis vaksin AZ yang tersimpan di gudang penyimpanan. Ke depan, ratusan dosis vaksin ini akan segera didistribusikan ke masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Dinkes Gunungkidul, Sumitro mengatakan, stok vaksin Aztra Zeneca yang dimiliki Gunungkidul memang cukup banyak. Bahkan, pihaknya sempat mengembalikan vaksin yang ada kepada Kementrian Kesehatan. Hal ini lantaran vaksin-vaksin tersebut memang akan segera kadaluarsa sementara kebutuhan di Gunungkidul telah mencukupi. Namun begitu, saat ini pihaknya masih menyisakan sekitar 200 dosis vaksin yang akan segera disuntikkan kepada masyarakat.

Berita Lainnya  Bangkitkan UMKM, Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Kepada Ribuan Pelaku Usaha

“Masa expired datenya (ED) memang akhir bulan ini, ada beberapa dosis yang kami kembalikan tapi juga akan kami menyisakan sedikit,” kata Sumitro, Rabu (27/10/2021).

Sumitro menambahkan, adapun sisa 200 dosis sendiri akan digunakan untuk menyelesaikan suntikkan dosis kedua. Menurutnya, vaksin yang menjelang ED tersebut merupakan distribusi yang tak terjadwal.

“Jadi memang untuk stok vaksin ini kami tidak bisa request semua tergantung dengan ketersediaan,” terangnya.

Untuk mengebut agar tidak lewat masa ED, pihaknya juga melakukan vaksinasi di Dinas Kesehatan setiap hari Jumat. Vaksinasi ini berdasarkan kehendak masyarakat yang akan memilih jenis vaksin apa.

“Untuk metode pendaftarannya kami publikasikan lewat media sosial Dinas Kesehatan,” kata Sumitro.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menambahkan, pihaknya terus menggencarkan proses vaksinasi. Bahkan ia juga menggencarkan program door to door langsung ke rumah warga.

Berita Lainnya  Bulan Depan Pemerintah Uji Coba Pembelian Pupuk Wajib Gunakan Kartu Tani

“Capaian kami untuk dosis pertama sudah menembus 78,14% kemudian untuk dosis kedua sudah 55,68%,” tandas Dewi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler