fbpx
Connect with us

Sosial

Kalurahan Logandeng Wakili DIY dalam Lomba Desa Tingkat Nasional

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)– Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul menjadi satu-satunya wakil Provinsi DIY dalam lomba desa tingkat nasional regional 2 Jawa-Bali. Kalurahan logandeng masuk dalam lima besar desa terbaik di regional Jawa-Bali dengan menyingkirkan sekitar 23 ribu desa lainnya.

Lurah Logandeng, Suhardi, mengatakan hari ini tim penilai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengunjungi kalurahan Logandeng untuk melaksanakan verivikasi lapangan. Kalurahan Logandeng mewakili provinsi DIY untuk bersaing dengan empat desa lainnya di regional 2 Jawa-Bali. Kalurahan Logandeng dikatakannya sudah memulai beragam inovasi dalam berbagai aspek, mulai dari pelayanan publik hingga kegiatan budaya sosial kemasyarakatan.

“Sesuai tema kali ini yaitu tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial kalurahan kami sudah melakukan berbagau inovasi,” ucap Suhardi, Jumat (21/07/2023).

Berita Lainnya  Minim Sosialisasi, Rekruitmen Komisioner KPU Bergaji Belasan Juta Rupiah Masih Sepi Peminat

Ia mencontohkan dalam hal penyelenggaraan inovasi pemerintahan pihaknya sudah membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi di kalurahan. Selain itu pihaknya juga mendukung semakin berkembangnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya untuk menjaga stabilitas ekonomi. Ia berharap kalurahan Logandeng dapat mendapatkan hasil yang maksimal dalam lomba deda tahun ini.

“Jadi layanan ke masyarakat bisa lebih prima, kami jyga turut melestarikan adat dan seni kebudayaan secara gotong royong,” terang Suhardi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Andi Yuli, menyampaikan jika ada lima desa yang menjadi kandidat desa terbaik dalam loma desa tingkat nasional regional 2 Jawa-Bali. Adapun diantaranya di Jepara, Jawa Tengah; Garut, Jawa Barat; Madiun, Jawa Timur; Denpasar, Bali; dan Gubungkidul, DIY. Lima desa yang saat ini bersaing disebutnya merupakan desa terbaik yang mana sudah menyingkirkan sekitar 23 ribu deda lainnya.

Berita Lainnya  3 Desa di Gedangsari dan Panggang Rawan Pangan, Satu Dalam Status Waspada

“Di regional dua ini memang punya inovasi dan keunggulan yang menarik, semuanya patut untuk kita angkat. Semoga di Logandeng ini kami mendapatkan sesuatu yang menarik,” bebernya.

“Tentu kami menilai dari berbagai aspek, misalnya pemerintahan, kewilayahan, hingga kemasyarakatan di desa tersebut,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler