fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kebakaran Besar di Hutan Semin, Api Menjalar Nyaris ke Jalan Raya

Diterbitkan

pada

BDG

Semin,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Musim kemarau ini, kebakaran lahan maupun rumah di Kabupaten Gunungkidul sering terjadi. Seperti halnya yang terjadi pada Rabu (16/08/2024) petang, kebakaran lahan di Kalingalang, Kalurahan Kalitekuk, Kapanewon Semin menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya api dengan begitu cepat menjalar di lahan sekitar bahkan sampai ke atas perbukitan atau gunung.

Salah seorang anggota Pemadam Kebakaran, UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Totok mengatakan srkitar pukul 18.30 WIB api mulai nampak membakar dedaunan kering di lahan perhutani yang berada di ruas jalan Karangmojo-Semin. Petugas perhutani dan warga setempat kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Unit Pemadam Kebakaran karena api semakin membesar dan menjalar ke petak-petak lahan lainnya.

Berita Lainnya  Berkeliaran di Pasar di Jam Kerja, PNS dan Pelajar Terjaring Operasi Sat Pol PP

Mendapatkan laporan masyarakat, petugas Damkar kemudian meluncur ke lokasi kejadian bersama dengan 3 unit kendaraan pemadam. Sesampainya di lokasi, api sudah sangat besar melalap dedaunan di lahan tersebut. Gerak cepat kemudian dilakukan oleh para petugas dengan menyemprotkan selang pemadam kebakaran.

“Kita lakukan pemadaman di bawah menggunakan 1 tangki kendaraan pemadam kebakaran. Api juga sampai ke atas gunung,” ucap Totok saat dikonfirmasi via telphone.

“Kalau yang atas kita lakukan pemadaman secara manual,” sambung dia.

Menurutnya, selama 1 jam petugas berjibaku dengan api. Kendala yang dihadapi adalah medan di kawasan tersebut, selain itu api cepat menjalar titik lainnya karena angin kecang. Di bagian atas, petugas hanya menggunakan ranting-ranting untuk pemadaman.

Berita Lainnya  Cerita Pengemudi Ojol yang Jadi Korban Klitih, Disabet Pedang Hingga Alami Luka Ditangan

“Iya hanya kami gunakan ranting-ranting pohon untuk pemadaman di lokasi atas gunung. Kita lakukan lokalisir agar api tidak semakin kemana-mana. Alhamdulillah 1 jam lebih selesai penanganan,” paparnya.

Lahan yang terbakar sekitar 1 hektar luasannya. Adapun kejadian ini menjadi perhatian masyarskat sekitar lokasi. Banyak yang datang kelokasi untuk melihat secara langsung kebakaran besar tersebut.

“Lokasinya pinggir jalan utama, untuk arus lalu lintas tetap aman tidak ada penghentian sementara waktu,”jelas dia.

Disinggung mengenai penyebab kebakaran hebat tersebut ia mengatakan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab peristiwa tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Semin, AKP Arif Hariyanto mengatakan, bersama dengan tim pemadam kebakaran pihaknya fokus melakukan penanganan. Adapun penanganan benar-benar selesai sekitar pukul 21.00 WIB. Pihak kepolisian pun belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran yang menjadi perhatian masyarakat dan di media sosial tersebut.

Berita Lainnya  Angin Kencang, Satu Bangunan Dapur Milik Lansia Ambruk Rata Tanah

“Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui,” sambung Kapolsek Semin, AKP Arif Hariyanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler