fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kebakaran di Gedangsari, Warga Sibuk Selamatkan Sapi Yang Terperangkap di Dalam Kandang

Diterbitkan

pada

Gedangsari,(pidjar.com)–Warga Padukuhan Pace A, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari sempat dilanda kepanikan saat mengetahui kandang ternak milik Martani alias Yetno Utomo (65) dilalap api pada Jumat (17/05/2019) siang. Beruntung api yang sempat membakar bangunan kandang tersebut tidak sampai merembet ke bangunan rumah utama sehingga kerugian material dapat diminimalisir.

Assessor TRC BPBD Gunungkidul, Kusmiyanto mengungkapkan, peristiwa tersebut diketahui sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu, pemilik rumah sepulang dari ladang kemudian membersihkan pekarangan dan sekitar kandang sapi. Sampah yang terkumpul kemudian ia bakar di samping kandang sapi yang letaknya tak jauh dari bangunan rumah utama.

Usai api menyala, Yetno kemudian meninggalkan lokasi tempat pembakaran sampah tersebut untuk melakukan aktifitas lain. Tanpa disadari, percikan api justru merembet ke tumpukan jerami yang berada di sekitar pembakaran sampah. Karena jerami dalam kondisi kering sehingga mudah terbakar, api dengan cepat merembet ke tumpukan lainnya dan bangunan kandang.

Berita Lainnya  Pukuli Korban Kecelakaan, Gerombolan Pemuda Arogan Nyaris Diamuk Warga

“Kemungkinan angin kencang membuat percikan api terbawa dan membakar tumpukan jerami,” ucap Kusmiyanto, saat dikonfirmasi.

Korban yang semula tak menyadari jika sebagian kandangnya terbakar kemudian curiga ketika merasakan hawa panas dan terdengar suara kayu terbakar. Seketika itu ia mulai mengecek kondisi di sekitar rumahnya. Kagetlah Yetno lantaran ternyata api sudah cukup besar. Lansia tersebut kemudian meminta pertolongan warga untuk memadamkan api yang semakin tak terkendali.

“Warga langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sebagian juga menyelamantkan ternak dan mengamankan kondisi di sekitar lokasi,” imbuh dia.

Beberapa saat warga harus berjibaku dengan kobaran api yang tak terkendali. Sebelum akhirnya kemudian api mulai bisa dikendalikan meski bangunan kandang tersebut ludes terbakar. Mulai dari kayu-kayu, gedhek, genteng dan beberapa lainnya tak bisa diselamatkan. Namun beruntung, untuk ternak sapi milik korban masih bisa diselamatkan oleh warga.

Berita Lainnya  Langsung Tak Sadar Usai Tabrakan di Bundaran Siyono, Pemotor Akhirnya Meninggal Dunia

“Sudah terkondisikan. Ini masyarakat sekitar sedang melakukan kerja bakti. Kerugian sendiri diperkirakan mencapai jutaan rupiah,” tutupnya.

Klik untuk Komentar

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler