fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kecelakaan Laut di Tiga Titik, 5 Orang Berhasil Diselamatkan Tim SAR

Diterbitkan

pada tanggal

Tepus,(pidjar.com)–Tim Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul nampaknya disibukan dengan sejumlah rentetan kecelakaan laut yang terjadi di sejumlah wilayah pantai di Gunungkidul, Minggu (19/01/2020). Sedikitnya tiga kecelakaan laut terjadi hingga Minggu siang melibatkan wisatawan, nelayan dan kapal karam.

Sekitar pukul 07.30 WIB, pagi tadi, sebuah kapal yang diketahui benama Chaza 03 karam di perairan Pantai Seruni, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Kapal dari Kabupaten Pacitan tersebut diketahui melaut berangkat dari Pantai Ngandong. Dua Anak Buah Kapal yang diketahui bernama Salim (52) dan Suranto (27) warga warga Katepugal, Bunagung, Pacitan, Jawa Timur diketahui sedang menarik jaring.

Namun nahas, saat berada di lautan ombak besar pun datang menerpa kapal. Keseimbangan kapal pun hilang saat hantaman ombak menerpa badan kapal. Kedua abk ini kemudian memutuskan untuk melompat ke lautan untuk menyelamatkan diri.

“Korban sempat terombang-ambing di lautan lepas Pantai Seruni,” beber Sekretaris SAR Linmas Wilayah II, Surisdiyanto.

Beruntung saat kejadian, sejumlah nelayan dan Tim SAR berada tak jauh dari lokasi. Tidak menunggu lama, keduanya kemudian tertolong dan kapal pun berhasil dievakuasi.

Berita Lainnya  Pencuri Satroni Toko Mebel di Siang Bolong, Dompet Berisi Uang Jutaan Dibawa Kabur

“Keduanya dalam kondisi lemas karena terlalu lama mengapung di atas air,” ucap Suris.

Sekitar pukul 09.00 WIB, kecelakaan laut laki-laki melibatkan seorang nelayan. Kali ini korban diketahui merupakan seorang nelayan lobster yang mencari di Tebing Kalas, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari.

Korban yang diketahui bernama Hartono (35) warga Kelampok (10/02), Giripurwo, Purwosari tersebut diketahui telah selesai menebar rendet dari atas tebing. Saat hendak turun tebing, ombak besar datang menghantam tebing.

Korban yang kaget, akhirnya terpental dan tercebur ke perairan lepas. Beruntung saat kejadian tim SAR sedang melakukan patroli. Mereka bergegas mendekati terceburnya nelayan darat tersebut.

“Korban mengalami lemas dan pingsan kemudian dibawa ke Puskesmas Kanigoro untuk mendapatkan perawatan,” jelas Suris.

Selang beberapa menti kemudian, sekitar 10.15 WIB, kecelakaan laut juga terjadi di Pantai Kukup Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Kecelakaan ini dialami oleh  seorang wisatawan yang diketahui bernama Tri Suryaningsih (39) warga Tempuran (04/05), Desa Bulakan, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Berita Lainnya  Meraih Kesucian Diri, Umat Hindu Gelar Prosesi Upacara Melasti Jelang Nyepi

Saat berjalan dibebatuan, korban tiba-tiba terjatuh. Akibatnya, kedua telapak tangan korban robek.

“Kemudian dibawa ke Pos Sar kukup untuk mendapatkan perawatan,” tandas Suris.

Dikatakan Suris, kondisi Pantai Selatan saat ini cerah. Ombak pun tidak pasang, sejumlah wisatawan berdatangan sejak Minggu Pagi.

 

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler