fbpx
Connect with us

Sosial

Kesiapan Linmas dan TNI Polri Menghadapi Pemilu 2024

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Pemilihan umum (Pemilu) akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Sejumlah persiapan untuk pelaksanaan pesta demokrasi ini pun mulai matang, utamannya untuk mereka yang bertugas. Salah satunya adalah unsur pengamanan baik dari Linmas maupun TNI Polri yang mengawal dan menjaga keamanan di setiap wTPS maupun wilayah.

Selasa (06/02/2023) kemarin, Kapanewon Patuk Gunungkidul menggelar apel kesiap siagaan Satlinmas menjelang Pemilu 14 Februari mendatang. Apel ini diikuti oleh perwakilan Satlinmas dari masing-masing kalurahan yang ada di Kapanewon Patuk. Tak hanya Linmas laki-laki yang bertugas pada pengamanan Pemilu 2024 ini, nampak sejumlah perempuan yang turut bergabung menjadi Linmas.

Meski perempuan, nyatanya tak mematahkan semangat mereka untuk berkontribusi dalam terselenggaranya pesta demokrasi untuk memilih pemimpin negara serta wakil-wakil rakyat ini.

Berita Lainnya  Merawat Pertiwi, Kado HUT Megawati Untuk Semesta dan Anak Cucu

Panewu Patuk, Martono Iman Santoso mengatakan, selain Satlinmas apel ini juga diikuti jajaran TNI Polri yang ada di Kapanewon Patuk. Tujuannya menguatkan Satlinmas terkait dengan kesiapan mereka untuk mengamankan pemilu di TPS baik sebelum pencoblosan, saat pencoblosan dan sesudah pencoblosan

“Ketugasan dari Satlimas khususnya saat pemilu masing-masing Satlinmas ada di TPS, di kalurahan dan di kapanewon, mereka mengamankan kegiatan Pemilu,” jelasnya.

“Linmas dan TNI Polri ini lah yang bertanggung jawab memastikan kondisi di tiap-tiap wilayah dalam kondisi aman dan kondusif. Selamat bertugas dan tetap jaga kondisi,” imbuh dia.

Kapolsek Patuk, AKP Mursidiyanto mengatakan, berkaitan dengan pengamanan TPS hingga ketingkat PPK tentunya telah dipersiapkan. Selain apel sianag, para linmas ini juga telah mendapatkan latihan-latihan kecil untuk pengamanan.

Berita Lainnya  Jali, Komoditi Pertanian Pengganti Beras dengan Nilai Jual Tinggi

“Tupoksinya mengamankan pelaksanaan Pemilu di TPS. Manakala dinyatakan selesai, surat suara akan dibawa ke tingkat kapanewon atau PPK dan itu akan diamankan oleh Satlinmas,” kata Mursidi.
Disinggung mengenai potensi kerawanan, ia mengatakan, pihaknya dengan instansi terkait lainnya berkomitmen untuk menjaga kondusifitas daerah pada pelaksaan Pemilu. Adapun nantinya di tiap-tiap TPS juga ada pengamanan dari TNI Polri.

“Untuk wilayah Patuk mudah-mudahan aman dan kondusif selalu,” paparnya.

Sementara itu, anggota Satlinmas dari Kalurahan Putat, Patuk, Gunungkidul, Wugi Raharjo mengaku siap mengamankan Pemilu. Lokasi masing-masing Linmas untuk bertugas pun juga telah diplotkan.

“Untuk hari ini ketegasan dari atasan kami untuk menjaga kesehatan dan menyiapkan diri untuk menjaga keamanan pemilu,” papar Wugi.

Berita Lainnya  Sibuknya Ngalim Jelang Ramadhan, Harus Buat Hingga Ribuan Wajan

Adapun rencananya selama proses pencoblosan akan ada dua Satlinmas yang berjaga di TPS, dua di Kalurahan dan 20 di kapanewon untuk pengamanan logistik Pemilu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler