fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ketemu Bupati, Warga Perbatasan Curhat Buruknya Kualitas Jalan dan Internet

Diterbitkan

pada

Girisubo, (pidjar.com)–Kalurahan Songbanyu merupakan salah satu kalurahan paling pinggir di area Kapanewon Girisubo. Wilayah ini berada di ujung timur Gunungkidul dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Akses jalan dan internet di kawasan ini tergolong masih sangat minim. Masyarakat sendiri banyak mengeluhkan kondisi tersebut karena menghambat pertumbuhan wilayah yang saat ini sangat lamban jika dibandingkan dengan kawasan lainnya.

Momen temu budaya dengan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta pada Senin (07/03/2022) kemarin justru dimanfaatkan oleh masyarakat di Kalurahan Songbanyu untuk curhat. Kepada Bupati, warga mengeluhkan kondisi jalanan yang berstatus milik pemerintah kabupaten namun belum tersentuh pembangunan. Masyarakat sendiri menaruh harapan besar agar fasilitas dan infrastruktur di wilayah ini dapat lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Salah seorang warga, Wahno mengeluhkan kondisi jalan yang menghubungkan Padukuhan Putat dengan Pantai Sadeng yang sangat buruk. Bahkan, jalan ini disebutnya belum pernah tersentuh pembangunan. Masyarakat sendiri harus sangat berhati-hati saat melalui jalur ini. Kondisi jalan yang masih batuan, belum ada aspal sama sekali, membuat jalur ini cukup berbahaya. Padahal, jalan ini sering digunakan warga untuk menuju ke Pantai Sadeng. Situasi sendiri semakin berbahaya manakala musim penghujan yang membuat jalanan begitu licin dan berlumpur.

Berita Lainnya  Jelang Pilkades Serentak, Pemerintah Mulai Lakukan Pengawasan

“Sejak jalur ini dibuka sekitar tahun 1991 sampai sekarang belum ada pembangunan. Kondisinya masih sama, batuan yang terjal,” papar dia.

Hal berbeda disampaikan oleh Satino. Ia mengeluhkan sulitnya jaringan internet di wilayah Sadeng. Sehingga kegiatan belajar anak-anak, maupun kegiatan kalangan masyarakat lainnya relatif terhambat. Apalagi pada beberapa tahun terakhir ini, pembelajaran dilaksanakan secara daring. Untuk bisa mengerjakan tugas maupun sekedar menyimak pelajaran, cucunya harus pergi ke tempat yang tinggi untuk bisa mendaptkan sinyal internet. Jaraknya pun agak jauh dari pemukiman warga.

“Cucu saya dan teman-temannya itu sulit sekali mendapatkan sinyal kalau di rumah. Jadi mereka harus ke bukit, padahal kan juga harus diawasi penggunaan internet ini,” ucap Satino.

“Kami warga Songbanyu berharap ada perhatian lebih dari pemerintah baik pembangunan jalan maupun jaringan internet ini. Agar semua kegiatan warga berjalan dengan mudah,” jelas Satino.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menanggapi keluhan warga tersebut mengatakan bahwa penguat sinyal di wilayah Girisubo saat ini sedang dalam proses penggarapan. Kabel-kabel di sekitar Pantai Wediombo sedang dalam proses penarikan agar sinyal internet bisa menjangkau kawasan timur. Berkaitan dengan jalan pun dirinya sudah melewati dan merasakan secara langsung bagaimana kondisibya.

Berita Lainnya  Petugas Gabungan Halau Ternak Dari Gombang dan Pucanganom Yang Hendak Dijual di Pasar Hewan

“Ya kita koordinasikan dengan OPD dan jajarannya untuk menentukan langkah ke depannya dalam hal skala prioritas pembangunan. Saya akui untuk jalan di sini memang masih susah, ini nanti menjadi bahasan bersama di Pemkab Gunungkidul,” ucap Sunaryanta.

Acara temu warga ini sendiri digagas oleh Pemkab Gunungkidul untuk lebih mengetahui permasalahan dan kondisi di lapangan. Adapun nantinya secara runtin Bupati dan OPD akan bergerak ke lapangan melihat secara langsung daerah-daerah yang membutuhkan perhatian lebih.

“Saya rasa ini nanti menjadi agenda rutin sebulan beberapa kali untuk melihat langsung kondisi daerah,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler