fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ketersediaan Gas Melon Aman Selama Puasa, Pemerintah Akan Tambah Kuota Jelang Lebaran

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul memastikan pasokan gas LPG 3 kg selama bulan suci ramadhan ini aman. Meski begitu, pada bulan Mei menjelang lebaran kuota akan dilakukan penambahan jumlah pasokan.

Kepala Seksi Distribusi, Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan kuota gas LPG 3 kg per hari di Gunungkidul mencapai 14.600 tabung. Atau perbulannya sebanyak 438.000 tabung. Jumlah ini mencukupi selama awal ramadhan dan hari biasa.

Kemudian masuk pada bulan Mei menjelang lebaran, Disperindag akan melakukan pengajuan tambahan kuota untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Pasalnya tidak menutup kemungkinan menjelang lebaran permintaan akan mengalami peningkatan.

“Kita usulkan kenaikan kuota sebanyak 4 persen dari kuota harian,” kata Sigit, Jumat (17/04/2021).

Pemerintah menjamin ketersediaan gas LPG 3 Kg ini mencukupi selama bulan ramadhan dan lebaran. Sebab juga berhubungan dengan pelarangan pemerintah tentang mudik lebaran.

Selama ini saat menjelang lebaran permintaan gas naik karena konsumen lebih banyak. Biasanya para pemudik juga berpengaruh dalam permintaan gas LPG

“Mudik sangat berpengaruh pada daya beli gas. Kalau mudik dilarang tentu permintaan saat lebaran peningkatannya tidak tinggi,” jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano. Untuk menjaga pasokan gas LPG pihak dinas bersama dengan instansi terkait lainnya akan melakukan monitoring secara berkala.

“Sejauh ini di pasaran masih cukup. Nanti menjelang lebaran baru kita usulkan penambahan, dengan harapan tidak terjadi kelangkaan,” papar Virgilio.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler