fbpx
Connect with us

Sosial

Kian Menjanjikan, Kalitekuk Dikembangkan Jadi Sentra Budidaya Lele

Diterbitkan

pada

BDG

Semin,(pidjar.com)– Padukuhan Klampok, Kalurahan Kalitekuk, Kapanewon Semin menjadi salah satu sentra budidaya lele yang cukup besar dan menjanjikan. Separuh kebutuhan warga Gunungkidul tercukupi dari hasil panen Koperasi Mina Mulya Maju Mandiri tersebut.

Manajer Koperasi Mina Mulya Maju Mandiri, Kasmanto mengatakan, sejak beberapa waktu lalu ia bersama dengan warga lain yang tergabung pada kelompok Koperasi Mina Mulya Maju Mandiri mulai mengembangkan lele. Mulai hanya dari hanya beberapa kolam saja kemudian berkembang dan hingga saat ini total ada 650 kolam lele yang dikelola.

Adapun setiap harinya para warga ini memanen lele berkisar 7 kwintal hingga 1 ton. Kebutuhan lele di Gunungkidul setiap harinya yaitu 2 ton, sehingga dari koperasi ini baru bisa memenuhi permintaan pasar 1 ton saja. Kedepannya tentu akan terus dikembangkan agar mampu memenuhi permintaan pasar Gunungkidul.

Berita Lainnya  Ancaman Serius Penyakit DBD di Tengah Krisis Stok Darah di Gunungkidul

“Kalau untuk panen kita setiap hari, satu kolam itu ya rerata 2 kwintal,” ucap Kasmanto.

Lebih lanjut ia mengatakan, keberadaan pakan menjadi salah satu keberhasilan budidaya lele. Untuk mensiasati biaya pakan yang cukup mahal yaitu Rp 13.000 per kilogramnya, para warga kemudian membuat pakan secara mandiri hanya dengan biaya operasional Rp 8.000 saja. Biasanya lele bisa dipanen sebanyak 4 kali dalam setahun.

“Kalau untuk penjualannya kami sudah memiliki pasarannya. Tapi belum bisa sepenuhnya kebutuhan passr tercukupi, hanya 1 ton per hari,” sambungnya.

Lurah Kalitekuk, Waluya mengatakan, budidaya dikembangkan di Padukuhan Klampok terhitung berhasil. Masyarakat saat ini telah bisa menikmati jerih payah mereka dalam mengembangkan lele, selain menjadi sentra budidaya lele ia berharap kedepannya kepompok ini bisa berbagi ilmu untuk warga Gunungkidul yang ingin mencoba budidaya lele di rumah ataupun secara berkelompok bisa. Dukungan dari berbagai pihak pun diberikan untuk semakin memupuk keberhasilan usaha warga tersebut.

Berita Lainnya  Dua Hari Terakhir, Satgas Penanggulangan Covid19 Bubarkan 4 Hajatan Warga

“Kami tentu sangat mendukung apa yang telah dijalankan oleh masyarakat ini. Harapannya semakin maju kembali,” ucap Waluya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta meninjau budidaya lele yang dikembangkan oleh Koperasi Mina Mulya Maju Mandiri di Padukuhan Klampok, mengatakan potensi ternak ikan lele konsumsi di Gunungkidul cukup bagus. Sentra usaha kerakyatan ini bisa terus dikembangkan untuk mewujudkan kesejahteraan Masyarakat. Pihaknya pun mendukung penuh usaha-usaha kerakyatan tersebut, dengan kemandirian dan usaha yang gigih dilakukan semacam ini tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan dan hidup masyarakat.

“Jika masyarakat dapat terlibat langsung, dan dengan manajemen serta orang yang mumpuni pasti pengolahannya akan bagus koperasinya,” kata Sunaryanta

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler