fbpx
Connect with us

Sosial

Kisah Viral Mbah Sunardi, Simpan Uang Tabungan Jutaan di Rumah Kosong Hingga Habis Dimakan Rayap

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Kisah apes nan lucu dialami oleh Sunardi (61) warga Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkidul. Bagaimana tidak, uang tabungan yang ia simpan dalam kantong plastik nyaris tak berbentuk karena dimakan rayap. Kejadian itu pun tidak hanya terjadi sekali lantaran beberapa tahun lalu Sunardi sampai lupa membelanjakan uangnya hingga mata uang tersebut tidak berlaku lagi.

Kisah unik tersebut diceritakan oleh anak pertama Sunardi, Andri Purwanto. Ia menceritakan bahwasanya ayahnya menyimpan uang sebesar Rp 4 juta itu disimpan di sebuah rumah yang telah lama tidak ditinggali. Lokasi rumah yang digunakan Sunardi untuk menyimpan uang ini tak terlalu jauh dari kediamannya yakni hanya berjarak sekitar 500 meter. Rumah tersebut tak lagi ditempati karena sang ayah pindah ke rumahnya.

Berita Lainnya  Terekam Kamera Handphonenya Sendiri, Detik-detik Pemancing Tergulung Ombak Wediombo

Andri mengaku tak mengetahui sama sekali sang ayah memiliki tabungan yang disimpan di rumah lamanya.

“Kejadian ini diketahui ketika bapak ingin membeli bahan bangunan untuk membangun halaman rumah. Saat dibuka uangnya sudah habis dimakan rayap, total ada 40 lembar uang pecahan Rp 100.000,” ucap Andri kepada wartawan, Kamis (23/07/2020).

Memang uang tersebut nyaris tak berbentuk persegi panjang lagi. Sebab tepi uang kertas berwarna merah itu sudah dimakan rayap. Namun begitu, Sunardi berupaya untuk menyelamatkan uang dengan menukarnya di bank.

Akan tetapi niatan itu harus tertunda karena saat akan ditukarkan di salah satu bank di Kota Yogyakarta, pelayanan penukaran uang rusak sedang tutup karena pandemi. Seluruh uang itu akhirnya disimpan, dan jika sewaktu-waktu buka nantinya akan ditukarkan.

Berita Lainnya  TPAS Banjarejo Segera Dibangun, Bakal Dilengkapi Teknologi Pengolah Sampah Mutakhir

“Kemarin itu langsung ke Jogja, tetapi belum sampai masuk sudah diberitahu oleh satpam jika layanan penukaran uang sedang tutup,” kata dia.

Andri mengakui jika kebiasaan ayahnya menyimpan uang dan lupa menaruhnya itu tidak hanya sekali ini saja terjadi. Namun beberapa tahun yang lalu, uang yang diletakkan dalam saku baju, dan baju itu sudah digunakan membuat patung ‘memedi sawah’ untuk menakuti burung.

“Dulu uang sebesar Rp 2,5 juta sampai sudah tidak berlaku, ya karena lupa menaruhnya,” ucap Andri.

Untuk mencegah kejadian serupa, dirinya mengajak ayahnya menabung di bank. Kisah Sunardi tersebut mulai viral setelah akun instagram @RadarGunungkidul mengunggahnya ke media sosial dengan interaksi ribuan orang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler