fbpx
Connect with us

Politik

Klaim Didukung Bupati Badingah, Pasangan Sutrisna-Ardi Yakin Menangi Pilkada

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pasangan Sutrisna Wibawa dan Mahmud Ardi Widanta menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kedua yang secara resmi mendapatkan kendaraan politik untuk maju dalam Pilkada Gunungkidul 2020 mendatang. Pada Minggu (26/07/2020) kemarin, surat rekomendasi dari DPP PAN resmi diserahkan kepada keduanya. Dengan turunnya SK dari DPP PAN ini, Sutrisna-Ardi telah mengantongi dukungan resmi dari 3 parpol setelah sebelumnya secara berturut-turut, SK resmi juga turun dari Partai Demokrat dan PKS. Koalisi 3 partai dengan total 13 kursi DPRD Gunungkidul ini membuat 1 posisi untuk kontestan Pilkada Gunungkidul 2020 pasti dikantongi pasangan Sutrisna-Ardi.

Sutrisna-Ardi sendiri menjadi pasangan kedua yang dipastikan akan bertarung dalam Pilkada Gunungkidul 2020. Selain mereka, telah ada pasangan Bambang Wisnu-Benyamin Sudarmadi yang mengantongi tiket Pilkada dari PDIP.

Keluarnya SK Rekomendasi dari DPP PAN ini tentunya menjadikan dinamika politik Pilkada Gunungkidul semakin menarik. Sebagaimana diketahui, dalam 3 kali Pilkada Gunungkidul sebelumnya, PAN selalu memenangkan kontestasi ini. Pada 2005, PAN yang mengusung Suharto-Badingah berhasil mengantarkan pasangan ini memimpin Gunungkidul. pada Pilkada 2010, PAN kembali memenangkan pertarungan setelah pasangan yang diusung mereka, Sumpeno Putro-Badingah berjaya. Terakhir pada 2015 silam, giliran pasangan Badingah-Immawan yang dihantarkan PAN untuk menduduki kursi Bupati dan Wakil Bupati.

Kepada pidjar.com, Bakal Calon Wakil Bupati Gunungkidul dari koalisi PAN, PKS, dan Demokrat, Mahmud Ardi Widanto menyatakan, pengalaman 3 kali kemenangan dalam Pilkada ini pastinya membuat pihaknya sangat diperhitungkan dalam Pilkada Gunungkidul 2020 ini. Ia menyebut bahwa PAN sudah khatam dalam helatan Pilkada. Mesin partai serta relawan tahu betul bagaimana cara untuk menarik simpati serta dukungan rakyat Gunungkidul.

“PAN ini sudah sangat berpengalaman untuk memenangkan Pilkada ya,” ucap Ardi, Minggu siang.

Dengan begitu, keluarnya SK Rekomendasi dari DPP PAN ini menjadi tambahan semangatnya dalam memenangkan Pilkada. Apalagi, selama ini PAN sangat erat kaitannya dengan sosok Bupati Badingah. Menurut Ardi, antara PAN dan Badingah ini memiliki jalinan yang tak terpisahkan. Ia meyakini bahwa Bupati Badingah yang telah 3 kali diusung PAN untuk meraih kuasa akan membalas jasa dengan ikut mendukung serta memenangkan pasangan yang diusung PAN.

Komunikasi dengan Badingah sendiri saat ini terjalin dengan cukup baik. Pihaknya juga telah meminta restu dari sang Bupati berkaitan dengan Pilkada dan mendapatkan tanggapan yang cukup baik.

“Kemarin UNY yang dipimpin Prof Sutrisna diberi hibah lahan 5 Hektar untuk pembangunan UNY Gunungkidul. Tentunya dari ini bisa dilihat arah dukungan ibu Bupati itu ke mana,” sambung dia.

Ardi mengaku tak mengkhawatirkan akan maraknya politik uang dalam Pilkada Gunungkidul kali ini. Rakyat Gunungkidul disebutnya sudah cerdas. Rakyat akan memilih sosok dan figur yang memang memiliki kemampuan untuk membangun daerah serta menyejahterakan masyarakat dibandingkan dengan uang.

“Uangnya akan diambil tapi pilihannya tetap ke sosok yang mereka percaya,” tandasnya.

Senada dengan Ardi, Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin juga menyatakan tak terlalu mengkhawatirkan gelontoran uang dari pasangan kompetitor lain. Ajang Pilkada ini sekaligus juga menjadi ajang sosialisasi dari pihaknya agar rakyat tidak terninabobokan oleh politik uang.

“Kita yakin semua akan berkomitmen untuk memajukan Gunungkidul dan PAN sudah tahu bagaimana untuk berpolitik yang efektif dan efisien,” kata Anwarudin.

Ditambahkannya, pada Minggu kemarin, secara resmi pihaknya telah menyerahkan SK Rekomendasi dari DPP PAN kepada pasangan Sutrisna Wibawa – Mahmud Ardi Widanta. Surat ini ditandatangani oleh Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Adapun pada kesempatan penyerahan SK DPP ini, hadir seluruh pengurus dari 144 Kalurahan dan 18 Kapanewon. Menurut Anwarudin, hal ini sekaligus membuktikan bahwa PAN Gunungkidul sangat solid dalam menyongsong Pilkada. Seluruh fungsionaris, kader maupun anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi PAN telah berkomitmen untuk mendukung penuh dan bergerak bagi pasangan yang diusung PAN serta partai koalisinya.

“PAN 100% solid untuk pemenangan Sutrisna-Ardi,” tegas dia.

Adanya gonjang-ganjing di DPP PAN dengan hengkangnya Amien Rais serta Hanafi Rais disebut Anwarudin tak berpengaruh terhadap kekompakan PAN. Pihaknya bahkan masih berkomunikasi erat dengan 2 tokoh itu.

“DPP PAN juga sedang melakukan proses rekonsiliasi. Kami tetap kompak,” imbuh dia.

Sementara itu, bakal calon Bupati dari PAN, Sutrisna Wibawa mengatakan bahwa kubunya sangat optimis bahwa koalisi pengusung Sutrisna-Ardi yang telah resmi saat ini akan bertambah. Sutrisna mengaku telah memegang bukti hitam di atas putih berkaitan dengan SK rekomendasi dari Gerindra. Ia memilih untuk tidak terlalu menanggapi spekulasi yang beredar di luar berkaitan dengan SK Rekomendasi Gerindra itu.

“Kita masih terus berkomunikasi baik dengan Gerindra,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler