fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Koleksi Museum Benteng Vredeburg Diboyong ke Playen

Diterbitkan

pada

Playen,(pidjar.com)– Museum Masuk Desa dipertontonkan di Balai Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen sejak Rabu (24/08/2022) kemarin. Adapun pameran ini mengusung tema “Pekik Merdeka dari Bumi Handayani” yang dilakukan oleh pengurus Museum Benteng Vredeburg kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Pameran ini akan berlangsung selama 4 hari, terhitung dari tanggal 24 Agustus sampai 28 Agustus mendatang dengan menampilkan benda-benda bersejarah yang dimiliki oleh Museum Benteng Vredeburg. Total ada sekitsr 50 benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan di Gunungkidul yang dipamerkan, sehingga dapat memberikan pengetahuan luas bagi masyarakat.

Museum Vredenburg juga menyajikan suasana museum yang modern dalam pameran ini yang mengkolaborasikan dteknologi seperti VR serta ilustrasi dengan menggunakan proyeksi, dengan harapan belajar edukasi tentang sejarah menjadi lebih menarik dan interaktif. 

Berita Lainnya  Respon Kemensos Lambat, Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Masih Gunakan Data Lama

“Kami ingin mengenalkan sejarah dalam bentuk visual. Selain memberikan edukasi atau pengetahuan ini juga untuk menggerakkan ekonomi. Seperti yang dilihat selain pameran benda bersejarah dari perjuangan di Gunungkidul juga dilakukan bazar dan lainnya,” kata Kepala Museum Benteng Vredeburg, Suparja.

Ia juga mendorong Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk membangun sebuah museum di daerah Gunungkidul, sebab potensi sejarah di wilayah ini sangat besar. Terutama sejarah perjuangan terdahulu. Sehingga debgan begitu, bukti sejarah tetap terjaga dan lestari. Edukasi ke generasi tidak hanya sekedar cerita tapi bisa memperlihatkan bentuk peninggalan bersejarah.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan, untuk membangun sebuah museum membutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkannya seperti dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan serta beberapa OPD lainnya.

Berita Lainnya  Pemerintah Telah Distribusikan 60 Persen Pupuk Subsidi

“Bisa menjadi pertimbangan namun perlu adanya koordinasi lebih lanjut dengan OPD,” imbuh Heri Susanto.

Ia mengapresiasi jajaran pengelola museum yang telah menyelenggarakan pameran sejarah dengan tema Pekik Merdeka dari Bumi Handayani. Tentunya ini sangat membantu untuk memberikan edukasi terutama pada siswa siswi di sekitar Ngleri.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler