fbpx
Connect with us

Politik

KPU Gunungkidul Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menemukan ratusan surat suara dalam kondisi rusak atau cacat. Hal tersebut ditemukan pada saat proses sortir dan pelipatan surat suara. Jumlah temuan ini pun bisa saja bertambah, mengingat proses pelipatan surat suara Pemilu 2024 masih berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan, proses sortir dan pelipatan surat suara dilakukan sejak pada Sabtu (06/01/2024) lalu dengan melibatkan 306 tenaga sortir dan lipat. Untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden sudah selesai dilakukan pelipatan. Kemudian hari ini, para tenaga sortir dan pelipatan surat suara mulai melakukan pelipatan surat suara DPRD Provinsi.

Berita Lainnya  Banyak Masjid di Gunungkidul Yang Diperkirakan Masih Selenggarakan Sholat Ied Berjamaah

Satu persatu surat suara dikeluarkan diteliti terlebih dahulu. Bila didapati surat suara yang kusut, sobek, ataupun ada cacat lainnya kemudian disortir. Jika cacat yang ada masih bisa ditoleransi maka tetap digunakan, namun jika tidak akan dipisah dan dimintakan ganti.

“Ada sekitar 400 an surat suara yang kami temukan kusut (berlipat) itu kemudian kami jadikan satu dengan temuan yang sobek, bergaris dan lainnya. Nanti kami mintakan ganti ke pusat,” kata Asih Nuryanti, Selasa (09/01/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya setelah pelipatan surat suara DPRD Provinsi selesai akan dilanjutkan pelipatan surat suafa DPR RI dan kemudoan DPRD Kabupaten. Sedangkan untuk surat suara DPD menjadi hal yang terakhir, sebab hingga saat ini logistiknya belum sampai di KPU Gunungkidul.

Berita Lainnya  Dua Kapanewon Diperkirakan Bebas Dari Bencana Kekeringan Tahun Ini

“Untuk sortir dan pelipatan surat suara ini kami targetkan selesai 12 hari. Yang terakhir ya untuk surat suara DPD ini karena sampai sekarang belum ada di kami,” jelasnya.

“Untuk masing-masing tenaga sortir pelipatan itu di awal (pagi) membawa 1 kardus yang berisi 500 lembar surat suara. Ya mereka harus teliti dulu, nanti bila ada bercak atau bagaimana baru ditanyakan ke petugas KPU,” imbuh dia.

Logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 sejak beberapa waktu lalu sudah sampai di KPU Gunungkidul. Selain surat suara, untuk kotak suara pun juga sudah diterima. Beberapa memang ada yang mengalami kerusakan, pihak KPU pun kemudian telah melaporkan dan meminta ganti.

Berita Lainnya  Takbir Keliling Malam Ini, 8 Ruas Jalan Ini Ditutup Sementara

“Ya ada tapi sudah kami laporkan dan sudah diganti kok,” jelas Asih.

Dalam pelaksanaan sortir dan pelipatan ini, KPU juga berkoordinasi dengan Bawaslu serta pihak kepolisian untuk pengawasan dan menjaga keamanan logistik Pemilu 2024.

Sejumlah tahapan menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pun terus bergulir. Selain penyortiran logistik tahapan-tahapan lain baik di KPU Gunungkidul maupun Bawaslu Gunungkidul juga tetap berjalan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler