fbpx
Connect with us

Politik

KPU Gunungkidul Tunggu Perbaikan Data Ratusan Bacaleg

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Ratusan berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul. Saat ini partai politik masih diberikan kesempatan untuk memperbaikinya hingga 11 Agustus mendatang.

Komisioner KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, menjelaskan jika proses verifikasi berkas perbaikan bacaleg telah selesai pada tanggal 6 Agustus kemarin. Dari pencermatan yang dilakukan, ia menyebut jika masih ada sekitar seratus berkas bacaleg yang TMS. Dikatakannya, ketidaksesuaian berkas bacaleg beragam, mulai dari identitas diri hingga ijazah.

“Ada sekitar 100 berkas yang TMS,” ucap Komisioner KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, Senin (07/08/2023).

Adanya temuan itu pihaknya masih memberi kesempatan bagi partai politik untuk memperbaiki dokumen bacaleg ataupun mengganti bacaleg sebelum ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS). Rencananya, pihaknya akan menetapkan DCS pada 18 Agustus mendatang yang disusul dengan pengumuman kepada masyarakat.

“Kalau ada partai yang mengganti akan kami periksa tanggal 12 sampai 15 Agustus, kemudian tanggal 16 sampai 17 Agustus penyusunan DCS dan tanggal 18 Agustus penetapan DCS,” terangnya.

Berita Lainnya  Jadi Kandidat Terkuat di Pilkada 2024, Sunaryanta Mulai Didekati Partai-partai Besar

Lebih lanjut, dikatakannya salah satu resiko berkas TMS yang tidak melakukan perbaikan hingga 11 Agustus mendatang ialah dicoretnya bacaleg dalam DCS. Pasca penetapan DCS, ia memastikan partai politik tidak bisa mengajukan perbaikan maupun penggantian bacaleg kembali.

“Kami menetapkan bacaleg yang memenuhi syarat saja, misalnya dari partai A di Dapil 1 mengajukan 9 orang kemudian yang memenuhi syarat hanya 6 orang maka yang ditetapkan DCS hanya 6 itu saja,” ungkap Andang.

“Sudah kami komunikasikan ke partai politik, partai sudah bisa melihat mana yang TMS. Sekarang ranahnya partai politik, kami hanya menunggu,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler