fbpx
Connect with us

Pendidikan

Kuliah Gratis Sekaligus Dapat Uang Saku di UGK, Begini Syaratnya

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Universitas Gunungkidul (UGK) terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas layanan yang diberikan pada masyarakat Gunungkidul. Salah satu yang menjadi prioritas adalah memberikan kesempatan kepada para pelajar di Gunungkidul agar bisa melanjutkan studi ke bangku perkuliahan. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021/2022 ini, ada program khusus yang ditawarkan oleh pihak universitas yaitu dengan Program Kuliah Gratis. Tak hanya gratis biaya perkuliahan, mahasiswa penerima program ini juga akan mendapatkan uang saku selama menempuh studinya.

Ketua Yayasan Pendidikan Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, program kuliah gratis di UGK merupakan tindak lanjut dari kunjungan anggota Komisi X DPR RI Ke Gunungkidul beberapa waktu lalu. Adapun untuk program ini menyasar pada 100 calon mahasiswa di UGK.

“Kita buka kuota untuk 100 calon mahasiswa baru yang mendaftar di UGK. Persyaratan juga tetap berlaku,” kata Eddy Praptono, Selasa (16/02/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk mengakses program ini, calon mahasiswa baru dapat menghubungi Kepala Biro Administrasi Akademik UGK di Kampus 2 Selang. Mereka harus menyerahkan keterangan pendapatan dari Desa atau instansi serta foto rumah tinggalnya.

Setelah data terkumpul dan terupload, maka akan dilakukan verifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Diutamakan mereka yang mendapat program ini adalah mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan merupakan lulusan SMA/SMK di tahun 2019, 2020, dan 2021.

“Yang lolos verifikasi akan mendapatkan beasiswa dari KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) serta biaya hidup Rp 700.000 per bulan selama maksimal 8 semester,” tambah Eddy.

Dengan adanya program ini maka pihak UGK tidak boleh memungut SPP ataupun biaya pendaftaran kepada mahasiswa penerima program. Untuk fasilitas yang diberikan secara menyeluruh juga sama dengan mahasiswa program reguler lainnya.

“Semoga dengan adanya program ini, alumni SMA/ SMK di Gunungkidul khususnya dapat mengambil peluang emas tersebut. Kalau minatnya membludak akan kami upayakan pengajuan kuota tambahan,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor UGK Saryana menambahkan, pihak UGK terus berbenah dalam memberikan fasilitas perkuliahan dan peningkatan mutu pendidikan. Saat ini ada 5 program studi yang sudah ada, diantaranya Administrasi Negara, Ekonomi Pembangunan, Agroteknologi, Sosiatri, dan Teknik Sipil.

“Harapan kami UGK bisa terus berkembang dengan baik dan mampu memberikan pendidikan dan pengetahuan yang baik untuk generasi yang akan datang,” ucap Saryana.

Berkaitan dengan beasiswa tersebut ia berharap semakin mendorong pelajar Gunungkidul untuk tetap mengenyam pendidikan di tingkatan yang lebih tinggi. Saat ini, sumber daya manusia yang mengajar di UGK ada 3 dosen yang telah selesai menempuh studi S3. Kemudian 4 dosen lainnya masih mengikuti program S3. Ia menyebut bahwa kualitas pengajar di UGK tak perlu diragukan.

Kerjasama penelitian dan pengembangan dijalin dengan beberapa perguruan tinggi lain serta Pemkab gunungkidul. Beberapa dosen juga mendapatkan hibah dana riset dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler