fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kuota Transmigrasi Kembali Dibuka, Masyarakat Dipersilahkan Mendaftar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Koperasi UKM Dan Tenaga Kerja Gunungkidul mulai menerima pendaftaran warga yang ingin bertransmigrasi pada tahun ini. Namun demikian jumlah kuota yang disediakan belum dapat dipastikan karena masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UKM Dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Tauviq Nur Hidayat, mengatakan jumlah kuota transmigrasi di Gunungkidul setiap tahunnya mengalami penurunan. Ia mencontohkan pada tahun lalu saja, pihaknya hanya memberangkatkan 14 keluarga yang terdiri dari 41 jiwa ke empat lokasi tujuan transmigrasi.

“Tahun lalu tersebar di Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara,” ucap Tauviq Nur Hidayat, Jumat (03/03/2023).

Padahal, menurutnya adanya transmigrasi cukup diperlukan guna memberikan kesempatan warga Gunungkidul untuk meningkatkan kesejahteraan di luar daerah. Disebutnya jika dilokasi transmigrasi, warga sudah disiapkan lahan seluas 2.500 meter persegi untuk digarap serta tempat tinggal.

“Kebanyakan alasannya itu untuk ingin merubah kehidupan, bisa jadi disini belum punya rumah atau tidak punya lahan untuk digarap,” ujarnya.

Berita Lainnya  Ditawarkan Rp 600.000, Truk Bekas Kendaraan DPUPR Laku 100 Kali Lipat

Menurutnya, pada tahun ini jumlah kuota transmigrasi akan mengalami penurunan. Hal itu lantaran adanya refokusing anggaran untuk penyelenggaraan pemilu serentak mendatang. Namun demikian, pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah kuota yang tersedia karena masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

“Pengaruh penurunan tahun ini karena kondisi negara akan pemilu, kalau tahun 2021lalu karena pandemi,” imbuh Tauviq.

Meskipun demikian pihaknya sudah menerima pendaftaran ketika ada warga yang berminat bertransmigrasi. Guna menjaring warga, pihaknya akan menyeleksi dengan proses wawancara dan kunjungan ke masing-masing keluarga. Langkah itu untuk mengetahui keseriusan calon transmigran yang menjadi dasar pemberangkatan.

“Saat ini kalau ada yang berminat bisa mulai daftar, nanti kalau sudah ada instruksi lanjutan maka proses juga akan dilanjutkan,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler