fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ledakan Kasus Covid19, 47 Orang Terkonfirmasi Positif

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Ledakan kasus covid19, terjadi di Gunungkidul selama pasca lebaran. Adapun kasus sendiri mencapai 47 kasus pada Rabu (02/06/2021) kemarin. Dengan demikian, kasus aktif positif covid19 di Gunungkidul terdapat 131 konfirmasi.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menyampaikan, Rabu kemarin menjadi jumlah paling banyak penambaham kasus positif. Namun begitu, ia memastikan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Gunungkidul masih mumpuni.

“Kami masih mengidentifikasi apakah kenaikan ini akibat libur lebaran atau bukan,” ujar Dewi, Kamis (03/06/2021).

Adapun data kasus terkonfirmasi pada Rabu kemarin antara lain 4 orang dari Semanu, 5 orang Ponjong, 4 orang Girisubo, 5 orang Wonosari, 3 orang Karangmojo, 3 orang Tepus, 1 orang Saptosari, 6 orang Playen, 8 orang Semin, 2 orang Ngawen, dan 3 orang Nglipar.

“Tidak ada kluster khusus, tidak berkaitan dengan lebaran juga,” ucap Dewi Irawaty.

“Ada kasus meninggal dunia ada dua laki-laki 68 tahun asal Kapanewon Playen dan laki-laki 84 tahun asal Kapanewon Semin. Keduanya masih dalam pelacakan petugas,” jelas Dewi.

Kendati demikian, terdapat 11 orang yang sembuh dari covid19. Hingga saat ini Dewi dan jajarannya masih terus melakukan skrining awal terhadap masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi selama lebaran.

“Kami juga sedang menggiatkan tes rapid antibodi di lokasi wisata untuk para penyedia jasa wisata jangan sampai selama liburan mereka dioleh-olehi corona oleh pengunjung,” ujar Dewi.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, zona kerawanan covid19 di Gunungkidul saat ini kian membaik. Menurutnya untuk zona kabupatem ada sedikit merah. Namun untuk skala mikro hampir semua RT di Gunungkidul berzona hijau.

“Penanganan bisa dilihat di tempat wisata, para wisatawan juga dipandu agar tertib prokes,” ujarnya.

Hingga saat ini, menurutnya wisatawan yang datang ke Gunungkidul aman dari covid19. Ia juga lebih melonggarkan aktivitas kegiatan sosial masyarakat.

“Tapi pesan kami protokol kesehatan harus tetap dipatuhi ketat,” tandas Bupati.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler