fbpx
Connect with us

bisnis

Libur Panjang Paskah, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta Operasikan 30 Perjalanan Yogya-Palur

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja, (pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Memasuki masa libur panjang Paskah 2024, Yogyakarta dan sekitarnya dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya. Karenanya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Commuter kembali mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur. Ada 30 perjalanan setiap harinya sepanjang 9-12 Mei 2024.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, pada periode ini KAI Commuter mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan setiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB.

“Diprediksi total pengguna Commuter Line Yogyakarta pada libur panjang esok sebanyak 93.895 orang atau rata-rata sebanyak 23.474 orang per harinya. KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga memprediksi volume tertinggi selama libur panjang Paskah ini sebanyak 24.768 orang pada Minggu (12/5/2024),” kata Anne, Rabu (8/5/2024).

Diungkapkan Anne, berdasarkan data tercatat pada Mei 2024 ini, rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 25.871 orang per hari. Sedangkan pada April kemarin rata-rata sebanyak 26.320 orang per hari, dimana volume tertinggi pada hari libur atau akhir pekan menembus angka 41.535 orang yaitu pada Sabtu (13/4/2024).

Berita Lainnya  Jalin Kerjasama dengan Dua Perusahaan, Petani Tanjungsari Beranikan Diri Budidaya Porang

“Pada hari libur, Stasiun Yogyakarta terpantau sebagai stasiun dengan volume terbanyak. Tercatat pada hari libur atau akhir pekan rata-rata volume di stasiun tersebut sebanyak 10 – 11 ribu orang tiap harinya. Volume tertinggi mencapai 17.390 orang pada Sabtu 13 April 2024 atau bertepatan dengan masa libur Lebaran 2024,” jelasnya.

Anne mengimbau, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, pengguna Commuter Line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.600 – 3.000 pada hari libur.

Di sisi lain, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga meningkatkan layanannya pada libur panjang esok dengan penambahan toilet, perluasan musala, penambahan kanopi, penambahan Pos Kesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Palur.

Berita Lainnya  Budidaya Bawang Merah di Gunungkidul Kian Menjanjikan

“Sedangkan penambahan perjalanan Commuter Line sendiri dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karangayar. Mengingat, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata pada saat liburan,” tandas Anne.

Anne berharap, pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line dapat lebih nyaman. Sedangkan untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui _Access By KAI_ ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

“Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas,” pungkasnya.
(Ken).

Berita Lainnya  Platinum Adisucipto Hotel Gelar Open House Rayakan Ulang Tahun ke 7

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler