fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Bahan Alami Pereda Batuk Berdahak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Batuk berdahak umumnya terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Dikutip dari lama HaloDokter, biasanya batuk berdahak dikarenakan adanya infeksi oleh virus atau bakteri. Saat saluran pernapasan terinfeksi, misalnya saat sedang flu, tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir. Sebenarnya batuk ini bertujuan untuk mengeluarkan lendir tersebut. Penangangan batuk berdahak tentu saja akan berbeda karena harus dilihat apa yang menyebabkan batuk tersebut. Sebelum memberikan obat-obatan, tak ada salahnya untuk mencoba untuk memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan di rumah.  Apa saja, ya bahan dan cara yang dimaksud?

Bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. bumbu masakan ini sebenarnya mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Anda dapat menambahkan potongan bawang pada sup hangat Anda atau Anda bisa mencampurkan potongan bawang kecil ke dalam air lemon yang sudah ditambahkan gula.

Berita Lainnya  Menikmati Soto Wetan Proyek, Sensasi Gurih Ayam Kampung yang Selalu Ngangeni

Lobak

Lobak adalah jenis sayur yang dipercaya dapat membantu tenggorokan Anda bebas dari dahak yang menumpuk. Bahkan tidak hanya sampai di situ saja, lobak juga mampu membantu mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu sembuhkan Anda dari flu dan batuk. Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat dalam menyerang bakteri maupun virus yang menginfeksi. Sampai saat ini belum ada dosis yang pasti dalam penggunaan lobak. Tetapi, menambahkan lobak ke dalam sup hangat Anda bisa jadi alternatif yang baik.

Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu dapat Anda andalkan untuk mengatasi dahak yang berlebihan di dalam tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang mengalami radang tenggorokan, madu ternyata berhasil mempercepat penyembuhan radang dan menghilangkan dahak. Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh tawar hangat Anda. Tetapi madu tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah umur 1 tahun untuk mengurangi risiko botulisme.

Berita Lainnya  Enam Bahan Alami Penghilang Jerawat Punggung

Jahe

Pengencer dahak alami ini tentu sangat untuk didapatkan. Selain menjadi bahan dasar dari berbagai masakan, jahe memang diandalkan juga sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti salah satunya perut kembung dan mual. Jika Anda ingin menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe, maka Anda dapat menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat Anda. Tetapi, jahe tidak terlalu ampuh bagi Anda yang mengalami radang tenggorokan.

Daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega, sebab daun ini mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta meluruhkan tumpukan dahak yang menebal. Jika Anda memiliki daun mint, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat Anda, agar dahak cepat menghilang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler