fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Bahan Alami Untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tahukah Anda bahwa kesehatan tubuh juga bisa terlihat dari kondisi kulit saat ini? kulit yang glowing dan bersih menandakan tubuh sehat, kecukupan nutrisi dan kulit mendapatkan hidrasi yang baik. Sebaliknya, kulit yang penuh jerawat, komedo atau masalah lainnya bisa menandakan bahwa tubuh kurang mendapatkan cukup nutrisi dan tidak terawat dengan baik. Masalah jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi baik akibat faktor dari dalam atau dari luar. Kalau Anda  ingin menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping, Anda  bisa coba beberapa cara meredakan jerawat berikut ini!

  1. Tea Tree Oil

Minyak esensial pohon teh atau yang dikenal dengan sebutan tea tree oil adalah salah satu minyak yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Tea tree oil mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri acne vulgaris penyebab jerawat sekaligus meredakan peradangan yang terjadi akibat jerawat. Beberapa ilmuwan juga menyatakan bahwa pengobatan dengan menggunakan 5% tea tree oil hampir setara efektifnya dengan obat jerawat benzoyl peroksida. Untuk menggunakannya, Anda  cukup menempelkan kapas yang telah dibasahi dengan beberapa tetes tea tree oil terlebih dahulu pada jerawat secara langsung. lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari sampai jerawat sembuh.

  1. Cuka Apel
Berita Lainnya  Menikmati Lezatnya Ungkrung, Makanan Rakyat Gunungkidul Yang Kini Berharga Mahal

Cuka apel dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan asam laktat, sitrat, asetat dan asam sukinat dalam cuka apel diketahui memiliki efek pembasmi bakteri seperti bakteri Propionibacterium acne penyebab jerawat. Sebelum menggunakan cuka apel untuk membersihkan wajah atau sebagai toner, Anda  bisa mengencerkan cuka apel terlebih dahulu dengan perbandingan cuka apel dan air sebanyak 1:5. Setelah diencerkan, Anda  bisa mengoleskan kapas yang telah dibasahi toner cuka apel dan membersihkannya setelah kurang lebih 20 menit.

  1. Madu

Madu juga dikenal sebagai salah satu pereda jerawat yang cukup efektif karena mengandung berbagai zat dan nutrisi yang baik untuk kulit. Madu mengandung senyawa flavonoid, vitamin, mineral, anti bakteri, dan anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan akibat jerawat sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat dan melembabkan kulit. Untuk mengobati jerawat dengan menggunakan madu, Anda  dapat mengoleskan madu murni pada area yang terkena jerawat. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Lidah Buaya

Tanaman herbal yang sudah dikenal sejak dulu ini juga bisa Anda  manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat seperti yang kerap dilakukan oleh selebriti Hollywood, Drew Barrymore. Gel lidah buaya sendiri mengandung berbagai senyawa flavonoid dan juga hormone seperti auksin dan giberelin yang sangat baik untuk mendukung penyembuhan luka akibat infeksi termasuk jerawat. Cara menggunakan lidah buaya juga sangat mudah, Anda  hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada wajah yang berjerawat dan membiarkannya selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Teh Hijau
Berita Lainnya  Negara-Negara Dengan Perayaan Tahun Baru Nan Megah

Satu lagi bahan alami yang tak boleh Anda  lewatkan jika ingin sembuh dari jerawat. Tak hanya nikmat diminum, teh hijau ternyata punya segudang manfaat untuk kulit termasuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan senyawa flavonoid dan tannin yang terkandung dalam teh hijau ampuh mengatasi bakteri penyebab jerawat dan hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah. Sebelum digunakan, rebus teh hijau selama beberapa menit, lalu gunakan kapas untuk mengoleskan teh hijau pada wajah. Anda  juga bisa menyimpan teh hijau yang sudah diseduh di dalam lemari es dan menggunakannya sebagai toner disaat Anda  membutuhkannya. Bagaimana? Kalau Anda  sudah frustasi dan tak mau mendapatkan efek samping yang lebih buruk karena penggunaan obat-obatan atau kosmetik kimia untuk jerawat, Anda  bisa coba menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami di atas. Selamat mencoba!

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler