fbpx
Connect with us

Pariwisata

Lima Destinasi Wisata Geologi Gunungkidul Diakui Pusat

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Berbicara tentang pariwisata di Kabupaten Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Selain pantai, banyak destinasi yang berkaitan dengan sejarah, dan warisan geologi mulai diakui oleh pemerintah pusat. Belum lama ini ada lima destinasi wisata di Gunungkidul ditetapkan sebagai Warisan Geologi Lokal dan Nasional oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Supartono mengatakan, ada empat destinasi wisata yang ditetapkan oleh kementerian sebagai warisan geologi yang patut dikunjungi untuk memberikan edukasi, kepentingan penelitian dan berwisata pada umumnya.

Diantaranya Gunung Ireng di Kalurahan Pengkok, Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Gentong Gedangsari, dan Bioturbasi Kali Ngalang, dan Gunung Purba Siung-Batur-Wediombo. Masing-masing destinasi ini memiliki keunikan geologi dan sejarah tersendiri. Sebagai contohnya Gunung Ireng, merupakan warisan lokal dilokasi wisatawan bisa mempelajari kegeologian karena bentang alam dan struktur batuan yang menggambarkan proses pembentukan gunung api secara menyeluruh.

“Aspek estetika, budaya, rekreasi, dan edukasi juga terpenuhi,” papar Supartono.

Dengan ditetapkannya sebagai warisan budaya oleh pemerintah pusat maka pemerintah kian serius dalam proses pengembangannya. Beberapa telah diberikan perhatian khusus dari pemerintah.

“Rerata selain rekreasi yang berkunjung ke destinasi ini untuk penelitian atau mempelajari lebih jauh tentang geologi. Seperti Kali Ngalang itu warisan Nasional karena ada komponen fosil yang ditemukan,” imbuh dia.

Pengembangan yang dilakukan juga harus mengarah dengan kelestarian alam dan komponen yang ada. Juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Menteri ESDM Ir. Arifin Tasrif saat penyerahan dokumen mengatakan keberadaan kawasan geosite bentang alam di Yogyakarta dapat dijadikan object pembelajaran penelitian ilmu pengetahuan dan pelestarian dengan pemanfaatan sebagai kawasan pariwisata berkelanjutan.

Kemudian juga meningkatkan status di masyarakat untuk mengelola wisata berbasis komunitas yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler