fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Jenis Jamur Baik Yang Lezat Dikonsumsi

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Bagi penggemar Jamur, berbagai olahan jamur tentu terasa lezat dinikmati. Misalnya saja jamur tiram. Hampir semua orang menyukai jenis jamur ini, terlebih karena jenis jamur ini sangat lezat dijadikan olahan jamur crispy. Jamur yang harganya sangat terjangkau ini bermanfaat untuk mencegah anemia dan meningkatkan sistem imunitas sehingga Anda tidak mudah sakit serta mencegah kanker. Dari banyak jenis jamur yang ada,berikut 5 jenis jamur yang lezat dijadikan makanan.

Jamur Enoki

Jamur enoki yang memiliki nama ilmiah Flammulina velutipes. Enoki dikenal sebagai jamur musim dingin karena banyak dijumpai di negara-negara yang memiliki musim salju. Meskipun di Indonesia tidak ada musim salju, tetapi jamur ini sudah banyak dijual di tanah air, lho. Harga jamur enoki di Indonesia memang sedikit lebih mahal dibanding jamur-jamur lainnya. Akan tetapi, harganya cukup worth dengan rasa jamurnya yang enak. Di negeri tirai bambu, enoki biasa digunakan sebagai resep pengobatan tradisional. Konon, jamur enoki dapat melancarkan buang air besar sehingga Anda tidak mengalami sembelit.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Berlemak yang Baik Dikonsumsi Tubuh Saat Puasa

Jamur Shitake

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa jamur ini sangat terkenal di negeri sakura. Shitake adalah jamur yang bisa dimakan dan banyak dibudidayakan dengan serius di Jepang. Usut punya usut ternyata negara pertama yang membudidayakan jamur ini adalah Tiongkok. Tiongkok membudidayakan jamur shitake sejak 900 tahun yang lalu, pada tahun 1940 barulah Jepang turut membudidaya jamur shitake.

Jamur Truffle

Boleh dibilang bahwa jamur truffle merupakan jamur yang paling mahal di antara jamur yang bisa dimakan lainnya. Jamur ini sangat eksklusif dan biasa disajikan di restoran-restoran bintang lima. Truffle tumbuh dengan menempel di akar pohon. Penyebaran spora jamur ini diperoleh melalui fungivora, hewan yang mengkonsumsi jamur-jamuran. Untuk menemukan jamur truffle biasanya butuh bantuan anjing atau babi betina yang memiliki penciuman tajam. Walaupun rupanya tidak secantik jamur-jamur lain, tetapi rasa jamur truffle sangat lezat. Bahkan, jamur ini bisa dihargai sangat mahal di pasaran.

Jamur Matsutake

Kalau jamur truffle merupakan jamur termahal di dunia, matsutake ini adalah jamur termahal di Jepang. Jamur ini biasa tumbuh di hutan pinus dan hanya bisa dipanen pada saat musim gugur. Di Jepang, jenis jamur ini tergolong makanan yang sangat mewah dan mahal. Aroma wangi dari jamur ini sangat kuat dan menggugah selera. Bahkan, matsutake bisa dimakan dengan dipanggang sebentar di atas api atau ditanak bersama beras sehingga menjadi nasi matsutake

Berita Lainnya  Cegah Corona, Berikut Lima Manfaat Vitamin Zinc Bagi Tubuh

Jamur Lingzhi

Lingzhi adalah jamur yang ditemukan oleh seorang petani bernama Shen Nong. Petani ini mendapat julukan sebagai petani suci karena memiliki kemampuan dalam menilai tanaman yang bisa menjadi obat. Dahulu hanya raja dan bangsawan Cina saja yang dapat mengkonsumsi jamur lingzhi. Namun sekarang, jamur ini bisa diperoleh dengan mudah walaupun harganya tidak murah. Sifat panas dan pedas dari jamur ini dapat melindungi organ tubuh lain sekaligus mengobati organ tubuh yang bermasalah. Usut punya usut, lingzhi juga bisa menjadi anti-HIV dan anti-alergi alami.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler