fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Makanan yang Sebaiknya Dihindari Agar Berat Badan Tidak Naik Selama Puasa

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Beberapa makanan yang dikonsumsi selama puasa rentan memiliki kalori yang tinggi, sehingga tidak mengherankan jika berat badan pun kerap melonjak setelah mengonsumsinya. Belum lagi, terkadang keinginan untuk menyantap makanan secara berlebihan saat berbuka yang turut memicu kenaikan berat badanmu. Apa saja lima makanan yang sebaiknya Anda hindari agar berat badan tidak naik selama puasa? Simak ya.

Makanan Bersantan

Bulan puasa memang identik dengan makanan yang mengandung santan. Mulai dari menu takjil seperti kolak, kue basah, hingga menu utama seperti soto atau gulai pun tidak luput dari bahan satu ini. Tetapi satu hal yang perlu Anda waspadai, mengonsumsi santan secara berlebih bisa membuat berat badan  meningkat selama puasa. Sebab santan mengandung kalori serta lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat pencernaan terganggu.

Berita Lainnya  Enam Tips Merawat Tanaman Bambu Rejeki

Gorengan

Rasanya sulit untuk menahan godaan tidak menyantap gorengan saat berbuka puasa bukan? Tapi sama seperti santan, makanan yang digoreng pun menyumbang lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Belom lagi penggunaan tepung yang ada di gorengan juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. Hasilnya? Berat badan rentan meningkat selama puasa!

Junkfood

Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga umumnya berisi  produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut Anda buncit dan ususmu sulit mencernanya. Tak sampai di sana, junk food pun memengaruhi metabolisme dan kondisi perutmu secara keseluruhan.

Berita Lainnya  Unik, Santap Durian Dicampur Kopi, Bagaimana Rasanya?

Makanan Bertepung

Makanan yang mengandung tinggi tepung menjadi salah satu makanan berikutnya yang bisa membuat berat badan naik saat puasa. Ini saatnya Anda mengganti nasi putih dan makanan yang mengandung tepung berwarna putih seperti roti putih dengan alternatif brown rice atau roti gandum. Hal ini karena makanan dengan tepung yang berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat berat badan meningkat.

Keju

Makanan apapun yang ditambahkan keju rasanya memang selalu lezat, namun mengonsumsi keju secara berlebihan saat berbuka puasa dapat menambah berat badan Anda lho. Beberapa variasi keju seperti Parmesan, Gouda, serta keju Romano memiliki kalori yang tinggi sehingga dapat memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih keju juga masuk salah satu makanan yang minim serat sehingga kurang bersahabat untuk pencernaan.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler