fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Baik Buah Duku Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Buah yang berbentuk bulat kecil ini sering dikonsumsi secara lansgung atau dibuat menjadi isian puding, selai dan lainnya. Buah duku yang masih mentah warnanya kehijauan dan rasanya asam. Namun, jika warnanya sudah mulai kekuningan, ini merupakan pertanda bahwa buah duku sudah matang dan memiliki rasa yang lebih manis.

Terkadang ada yang merasa bahwa buah duku pahit, padahal rasa pahit itu dihasilkan saat Anda menggigit biji di dalamnya. Buah duku adalah buah yang kaya nutrisi dan mengandung banyak elemen penting, seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan serat yang berlimpah. Buah duku juga kaya akan vitamin A, tiamin dan riboflavin, yang diperlukan untuk banyak fungsi tubuh. Dengan banyaknya kandungan tersebut, buah duku memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

Mengobati Penyakit Cacingan

Anak-anak biasanya sangat rentan terhadap cacing karena belum mengerti tentang kebersihan. Namun dengan melarangnya bermain dengan tanah, Anda juga akan menghambat perkembangan saraf motoriknya. Sebagai orang dewasa, kita harus waspada jika anak memiliki gejala cacingan, seperti lesu, pucat, berat badan turun bahkan sering menggaruk anus. Jika hal itu terjadi, maka Anda harus segera mengobatinya. Anda bisa menggunakan buah duku untuk mengobatinya. Caranya Anda bisa menumbuk biji duku hingga halus dan campurkan dengan 1/4 gelas air. Lalu berikan pada anak 2 kali sehari. Cara herbal ini lebih mudah dilakukan dan lebih aman untuk digunakan secara teratur dibandingkan dengan pengobatan cacing berbasis obat. Tapi ingat, Anda harus menyajikan biji duku yang hancur dengan air untuk mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan ini.

Sebagai Antioksidan

Buah duku bermanfaat sebagai antioksidan karena buah ini mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menutup kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan oksidatif pada sel tubuh dapat menyebabkan pembentukan tumor dan kanker. Buah duku juga mengandung limonoid yang bersifat anti kanker dan melindungi tubuh dari banyak unsur penyebab kanker.

Menyembuhkan Demam

Buah duku sangat membantu dalam mengobati demam dan pilek. Itu karena buah ini mengandung vitamin C yang membantu mengurangi gejala flu dan pilek. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari biji duku. Bijinya yang dihancurkan membantu menurunkan suhu tubuh. Jika Anda merasa tidak suka memakan bijinya karena pahit, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menghancurkannya. Untuk menghancurkan biji duku, Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah biji cukup kering untuk dipanggang, baru Anda bisa menghancurkan bijinya. Setelah itu, seduh biji duku yang dihancurkan dengan air hangat.

Menghilangkan Masalah Kulit

Salah satu masalah kulit yang banyak dialami adalah gatal-gatal. Gatal pada kulit dapat disebakan beberapa faktor, salah satunya jarang mandi. Biasanya itu terjadi karena ada bakteri atau kutu di kulit lalu masuk ke dalam jaringan kulit. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggosokkan kulit duku yang masih segar pada kulit yang gatal. Kulit duku juga digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit lainnya, seperti ruam, jerawat, dan lain-lain. Menggosokkan kulitnya pada area kulit yang terkena gatal dapat mengurangi kemerahan, peradangan dan gatal-gatal.

Mencegah Malaria

Ternyata kulit buah duku juga memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk atau pencegah malaria. Nyamuk penyebab malaria adalah nyamuk yang telah terinfeksi parasit plasmodium. Sehingga saat menggigit manusia, parasit di dalam tubuh nyamuk akan terbawa ke tubuh manusia melalui gigitan. Jika Anda tidak dapat menggunakan obat biasa dan mungkin Anda juga khawatir dengan efek sampingnya, Anda dapat menggunakan kulit dari buah ini. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku saat akan digunakan sebagai obat nyamuk atau serangga.

Mengobati Gigitan Serangga

Apakah Anda pernah digigit serangga atau bahkan digiigt kalajengking di sekitar rumah? Jika terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan kulit buah duku. Untuk menggunakan kulit buahnya, mulailah dengan mengambil pati yang tersimpan di kulit pohon buah duku. Pati ini kemudian ditempelkan pada bagian yang digigit serangga atau kalajengking dan biarkan hal itu mengering. Lakukan proses perawatan ini beberapa kali hingga luka gigitan tidak lagi bengkak dan benar-benar sembuh.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler