fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Lompat Tali Bagi Tubuh

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tren berolahraga di pusat kebugaran (gym) memang sedang digandrungi. Ada yang benar-benar ingin berolahraga dengan fasilitas yang mumpuni, tapi ada juga yang menjadi anggota pusat kebugaran hanya untuk menaikkan gengsi. Padahal, ada olahraga sederhana yang lebih murah meriah tapi juga kaya manfaat, yakni lari atau lompat tali. berikut ini lima manfaat lompat tali bagi tubuh yang perlu disadari.

1,Menurunkan Berat Badan

Di antara beragam manfaat lompat tali, mungkin manfaat yang satu inilah yang paling diminati oleh banyak orang. Ya, lompat tali dapat membantu proses menurunkan berat badan secara cepat. Pasalnya, olahraga ini dapat membakar lemak tubuh dan mengubahnya menjadi keringat. 1 jam saja Anda melakukan lompat tali, maka hal tersebut dapat membakar 1.000 kalori dalam tubuh Anda. Jika saat ini Anda sedang dalam upaya melakukan diet untuk menurunkan berat badan, cobalah mengimbangi diet Anda itu dengan olahraga lompat tali.

  1. Mengencangkan Otot

Bukan hanya sekedar dapat menurunkan berat badan saja, tetapi lompat tali juga dapat membuat bentuk tubuh jadi lebih indah. Ketika melompat, sebagian otot tubuh Anda akan tertarik. Tarikan pada otot-otot tubuh ini dapat mengencangkan otot itu sendiri. Bahu Anda jadi lebih tegap, lengan jadi semakin kuat, dan otot perut pun mulai terbentuk. Dengan kata lain, lompat tali dapat membantu Anda memiliki tubuh yang proporsional. Manfaat ini juga sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami nyeri otot atau masalah otot lainnya. Lompat tali akan membuat otot tubuh jadi lebih kuat, sehingga Anda tidak mudah mengalami masalah pada otot.

  1. Menambah Tinggi Badan
Berita Lainnya  Makanan yang Dapat Memicu Radang pada Tubuh

Yang satu ini bisa dicoba pada anak-anak dan remaja karena pada usia tersebut tubuh manusia mengalami pertumbuhan. Jangan sepelekan tinggi badan anak yang rendah karena hal tersebut bisa menjadi masalah yang cukup serius ketika mereka beranjak dewasa. Ajari anak untuk berolahraga lompat tali. Jika ia bosan melakukannya sendiri, biarkan ia bermain lompat tali ini bersama teman-temannya. Orang dewasa yang ingin mendapatkan tinggi badan yang seimbang juga bisa melakukan olahraga ini. Lakukan olahraga ini hingga 200 kali lompatan setiap hari. Usahakan untuk tetap konsisten lompat tali setiap hari.

  1. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Apakah Anda sering merasa limbung? Cobalah untuk meningkatkan koordinasi tubuh dengan lompat tali setiap hari. Manfaat lompat tali untuk meningkatkan koordinasi ini berdasar pada kontrol diri pada irama gerakan, kecepatan, dan postur tubuh yang tepat. Meskipun olahraga ini terlihat sepele, tetapi dibutuhkan keseimbangan gerakan, kecepatan, dan posisi tubuh agar kaki Anda tidak terjerat dengan tali yang Anda pakai. Di samping itu, lompat tali juga bisa meningkatkan konsentrasi agar Anda bisa mempertahankan lompatan tanpa terjatuh.

  1. Menjadikan Postur Tubuh Lebih Baik
Berita Lainnya  Lima Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Sering Dipakai

Tahukah Anda bahwa terlalu lama bekerja di depan komputer bisa membuat postur tulang punggung menjadi kurang baik? Nah, lompat tali membantu Anda untuk memiliki postur tubuh yang lebih baik. Ketika melompat, Anda harus mengatur postur tubuh Anda tetap tegap untuk menjaga keseimbangan. Hal ini sangat baik bagi Anda yang kerap kali bekerja di depan komputer dalam waktu lama karena Anda memiliki risiko tulang punggung menjadi bengkok. Lompat tali akan mencegah pembengkokan tulang dan membuat postur tubuh Anda tetap tegap.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler