fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Tips Perawatan Wajah untuk Remaja  

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Masalah kulit paling umum yang dialami remaja adalah kulit berminyak, jerawat, dan komedo. Pasalnya, remaja sedang mengalami perubahan hormon yang berpengaruh pada kondisi fisik dan kulitnya. Walaupun demikian, beberapa tips skincare untuk remaja ini dapat membantu untuk merawat dan mengatasi kondisi kulit remaja.

Bersihkan Wajah dengan Benar

Berapa kali Anda harus membersihkan wajah tergantung pada jenis kulit dan kondisi kulit Anda hari itu. Bila sangat berminyak atau sangat kusam, cuci muka 2-3 kali sehari. Sebagai contoh, cuci muka setelah kelas olahraga atau aktivitas yang melelahkan di sekolah. Bila remaja menggunakan riasan tipis, bersihkan riasan bagian mata terlebih dulu lalu bersihkan semua bagian kulit wajah. Bila perlu, remaja mungkin harus membawa tisu basah untuk cuci muka. Gunakan pembersih berbasis susu untuk kulit kering.

Cuci Muka Sebelum Tidur

Sebagian besar remaja mungkin belum menggunakan riasan wajah atau sudah menggunakannya dalam porsi ringan. Bila iya, jangan lupa bersihkan riasan wajah sebelum tidur. Semua orang disarankan untuk cuci muka sebelum tidur untuk membersihkan kotoran, debu, dan minyak yang mungkin menumpuk setelah aktivitas seharian. Terlebih lagi untuk remaja yang cenderung mudah berjerawat.

Mengontrol Minyak Berlebih

Seperti yang sudah disebutkan, rata-rata remaja sedang mengalami perubahan hormon yang membuatnya mudah terkena jerawat akibat kulit berminyak. Remaja harus mengontrol minyak berlebih dengan cara: Bila ternyata kulit Anda tidak termasuk kulit berminyak, maka lupakan tahap ini dan cari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Eksfoliasi Wajah

Merawat kulit sejak remaja sangat penting. Bila perlu, Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah dengan bahan alami atau produk perawatan kecantikan yang tersedia. Jangan menggosok wajah terlalu keras dan hanya lakukan eksfoliasi kulit 1-2 minggu sekali. Bila kondisi kulit Anda sedang sangat berjerawat atau sangat kering, sebaiknya konsultasikan lagi sebelum melakukan eksfoliasi kulit.

Pilih Skincareuntuk Jerawat

Pilih skincare atau obat jerawat yang cocok dengan kulit Anda. Memilih obat jerawat yang tepat untuk remaja mungkin membutuhkan sedikit kesabaran dan perjuangan. Anda dapat membeli obat atau produk jerawat berukuran kecil dan mencobanya dalam beberapa hari untuk melihat hasilnya. Jangan lupa rajin cuci muka, gunakan toner, lalu aplikasikan obat jerawat,

Jangan Gunakan Make UpBersama

Para remaja mungkin baru berkenalan dengan riasan wajah dan cenderung berbagi riasan dengan teman-temannya. Bila memungkinkan, sebaiknya tidak menggunakan make up yang sama bersama-sama terutama produk kecantikan untuk mata dan bibir.

Pakai Tabir Surya

Umumnya, para remaja memiliki aktivitas yang melelahkan di siang hari di luar ruangan. Bila perlu, remaja sudah dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan bebas minyak. Tabir surya dapat membantu mencegah kulit menjadi terbakar dan mencegah jerawat juga.

Jangan Mencoba Trik Perawatan Kulit Sembarangan

Anda mungkin sering mendengar bahan-bahan alami untuk kebutuhan kecantikan seperti manfaat pasta gigi untuk mengatasi jerawat. Sebaiknya, jangan sembarangan mengikuti trik kecantikan yang belum terbukti. Pasalnya, kulit remaja tidak dapat ditebak dan kebanyakan sangat sensitif karena perubahan hormon.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler