fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima  Minuman yang Baik bagi Tubuh Saat Udara Dingin

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Di suhu yang lebih dingin dari biasanya, Anda pasti lebih tertarik untuk menikmati sesuatu yang hangat untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Salah satu cara agar kesehatan Anda tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang mampu meningkatkan antibodi Anda. Selain itu Anda dituntut untuk tetap minum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi. Di suhu yang lebih dingin dari biasanya, Anda pasti lebih tertarik untuk menikmati sesuatu yang hangat untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Tidak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa yang lezat. Minuman ini mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyehatkannya. Tidak lupa minuman-minuman ini juga mampu menghidrasi tubuh selama musim dingin.

Wedang Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang mudah ditemui di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Rempah-rempah ini sudah digunakan untuk menanggulangi beberapa masalah pencernaan dan juga sebagai penghangat tubuh. Jahe juga merupakan salah satu antioksidan, termasuk gingerol yang mengandung anti-inflamasi yang kuat dan sangat baik untuk otot.  Selain antioksidan dan efek inflamasi, jahe juga mampu menjaga nafsu makan Anda sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Untuk menikmati jahe sebagai minuman di musim dingin adalah dengan mencampurkan potongan jahe kedalam teh Anda. Anda juga bisa menambahkan jus lemon atau akar kunyit segar untuk menambah cita rasa. Pilihan lainnya Anda bisa lebih dulu memanggang jahe untuk menambah cita rasa dan melepaskan senyawa sehat di dalamnya.

Bajigur

Berita Lainnya  Mencerahkan Kulit dengan AHA

Wedang Bajigur ini berbahan dasar kopi, gula aren dan santan. Dalam proses pembuatannya, kopi di campur bersama garam, gula aren dan santan yang di aduk sampai rata. kemudian di masak dengan api sedang dan di aduk lagi sampai mendidih. Untuk penyedap rasa biasanya di tambahkan vanili, jahe atau kayu manis. Setelah air campuran tadi mendidih kemudian di masukan irisan kolang kaling, serutan kelapa atau roti sebagai bahan tambahan. Wedang Bajigur ini biasanya disajikan selagi hangat bersama hidangan lain seperti pisang rebus, ubi rebus dan kacang rebus. Sajian ini sangat pas untuk menemani kita saat berkumpul bersama keluarga atau teman saat malam hari atau saat cuaca dingin.

Angsle

Mencicipi angsle, rasanya akan mengingatkan kita pada wedang lainnya dari Jawa, sekoteng. Rasa khas kuah hasil rebusan jahe sangat terasa. Apalagi, angsle pun memiliki isian yang mirip dengan sekoteng. Ada roti, kacang tanah sangrai, kacang hijau rebus, serta aroma daun pandan. Yang membedakan, angsle ditambahkan petulo (putu mayang), ketan putih kukus, dan tape singkong. Hal lain yang membedakan angsle dengan sekoteng adalah pada kuahnya. Jika kuah sekoteng hanya rebusan jahe, serai, dan gula Jawa, maka kuah angsle ditambahkan santan.  Konon, kuah angsle dibuat hanya dengan menggunakan daun pandan, vanili, dan santan. Jahe tidak dimasukkan karena dianggap akan mengubah rasa. Tapi, karena diberi label “wedang”, kuah angsle pun ditambahkan dengan jahe.

Berita Lainnya  Mendadak Bekerja Pasca Lama Liburan Timbulkan Stres, Bagaimana Antisipasinya?

Sekoteng

Bagi orang Jawa, sekoteng ini merupakan singkatan dari “nyokot weteng” yang dalam bahasa Indonesianya berarti “menggigit perut”. Sekoteng ini memiliki cita rasa yang hangat dan berasal dari rebusan gula merah dan juga jahe. Namun ternyata sekoteng ini sebenarnya merupakan hindangan tradisi Cina. Sekoteng ini merupakan minuman asli dari Jawa Tengah dengan rasa jahe yang khas dan umumnya dihidangkan dalam kondisi masih panas. Untuk bahan lain yang umumnya dicampurkan ke dalam sekoteng seperti, kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, dan lainnya.

Wedang Uwuh

Uwuh dalam bahasa Jawa artinya sampah. Dijuluki uwuh karena ampas atau bahan-bahan minuman ini ketika sudah bercampur tampak seperti sampah tak berguna. Berbagai jenis herba yang menjadi isi kandungan wedang uwuh di antaranya adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah. Dilirik dari bahan dasarnya, tidak heran bila wedang uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yang satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler