fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Menamam Tanaman Bunga Lotus

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Menamam lotus. Tidak hanya cantik, bunga yang merupakan tanaman air dengan warna kelopak yang cerah ini juga mampu menciptakan kedamaian dan ketenangan batin. Sebelum mulai menanam bunga lotus, ketahuilah masalah yang mungkin akan muncul. Perpaduan tanaman dan air merupakan tempat yang tepat untuk jentik nyamuk berkembang biak. Akan tetapi, jika menggunaan obat jentik nyamuk akan membahayakan bunga lotus. Sebagai solusinya, Anda bisa memelihara ikan pemakan jentik nyamuk pada kolam bunga lotus. Tertarik untuk menanamnya? Yuk, simak!

Karakteristik Bunga Lotus

Bunga lotus tumbuh pada media lumpur. Bunganya menjulang di atas air dan kelopaknya memiliki garis yang tegas. Diameter bunga lotus bisa mencapai 20 cm. Ketinggiannya sekitar satu hingga satu setengah meter. Daunnya berbentuk bulat dan biasanya menghadap ke atas. Penampilannya sangat cantik dengan daun berwarna hijau tua. Sedangkan kelopak bunganya ada yang berwarna ungu, biru, merah, kuning, dan putih. Tapi semua bunga lotus memiliki warna benang sari yang sama, yaitu kuning.

Berita Lainnya  Wanita Modern Dalam Rumah Tangga dan Karir

Bunga Lotus Tidak Sama Dengan Bunga Teratai

Banyak orang yang mengira bahwa bunga lotus itu sama dengan bunga teratai karena sama-sama merupakan tanaman air. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. Bunga lotus memiliki batang sehingga daun dan bunganya berada di atas air. Sedangkan, bunga teratai daun dan bunganya terlihat mengapung di atas air karena batangnya sangat pendek.

Jika dilihat dari segi daun, bunga lotus memiliki daun yang berbentuk bulat tanpa belahan dan menghadap ke atas dengan warna hijau. Kalau daun bunga teratai bentuknya bulat, tapi terdapat belahan. Alhasil, tampilannya tampak seperti wadah dari bunga teratai. Warnanya pun terdiri dari warna hijau dan hijau keunguan.

Cara Menanam Bunga Lotus

Menanam bunga lotus dari biji membutuhkan kesabaran karena harus melalui serangkaian proses. Pertama-tama, siapkan biji lotus yang sudah diiris bagian kulit hitamnya. Saat mengiris, lakukan secara perlahan supaya tidak merusak bagian embrio yang berwarna putih. Kemudian, biji lotus yang sudah diiris perlu direndam dengan air. Janagn lupa untuk mengganti air dua kali sehari secara rutin.

Berita Lainnya  Resep Tempe Orek Pedas Manis

Biarkanlah biji lotus terkena sinar matahari. Akar dan daun akan mulai muncul pada minggu kedua penyemaian. Inilah saat yang tepat untuk memindahkannya ke media tanam berupa tanah atau lumpur di dalam air. Pastikan tinggi media tanam tidak melebihi tinggi daun. Selanjutnya, biarkan bunga lotus tumbuh dengan sendirinya. Jika ingin memberikan pupuk, lakukan pada minggu kedua setelah dipindahkan ke media tanam.

Merawat Bunga Lotus

Bunga lotus membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur. Jadi, pastikan Anda meletakkannya di tempat yang langsung terkena sinar matahari, ya! Akan tetapi, batang bunga lotus mudah patah sehingga lebih baik jika ada penghalang angin di sekitarnya. Pada musim hujan, bunga lotus rawan terserang kutu daun. Berikanlah pestisida setiap dua minggu sekali sebagai bentuk pencegahan. Selain itu, supaya bunga lotus lebih sehat lagi, Anda perlu memberikan pupuk cair setiap dua bulan sekali. Meski berada di dalam air, daun lotus bisa saja kering dan layu. Oleh karena itu, pangkaslah bagian yang kering supaya tidak menyebar ke bagian lainnya.

Berita Lainnya  Resep Milkshake Strawberry

Manfaat Bunga Lotus

Aroma yang dikeluarkan bunga lotus mampu menciptakan efek yang menenangkan. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan saja, bunga lotus juga memiliki manfaat lainnya. Bagian akar bunga lotus bisa dimasak dan sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, tanaman ini mengandung serat, vitamin B, vitamin C, dan kalsium.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler