fbpx
Connect with us

Peristiwa

Longsor Ancam Rumah Warga, 1 Keluarga Diungsikan

Diterbitkan

pada tanggal

Semin,(pidjar.com)–Hujan deras dengan durasi yang cukup lama yang terjadi di Kecamatan Semin pada Jumat (07/12/2019) malam tadi berujung pada bencana tanah longsor. Sebuah talud yang terletak di Padukuhan Pijenan, Desa Pundungsari, Kecamatan Semin ambrol. Akibatnya,
longsornya talud tersebut, mengancam sebuah rumah milik warga.

Informasi yang berhasil dihimpun, talud setinggi lima meter dengan panjang lima meter tersebut diduga tak kuat menahan derasnya aliran air. Sepanjang Jumat malam kemarin, di sekitar area Desa Pundungsari memang diguyur hujan dengan intensitas yang cukup lebat. Berselang beberapa waktu setelah hujan turun, sebagian dari talud tersebut ambrol. Adapun talud tersebut berada tepat di belakang rumah Muhaini, salah seorang warga setempat.

Berita Lainnya  Sehari Pulang ke Rumah Orang Tua, Pria Tengah Baya Langsung Gantung Diri di Kandang Sapi

Lantaran dekatnya jarak antara rumah dengan talud, ambrolnya talud ini menjadi petaka bagi Muhaini. Sebagian rumah turut ambrol bersama talud tersebut.

“Akibatnya sebagian dapur bagian belakang Muhaini ikut roboh,” ungkap petugas TRC BPBD, Supriyono, Sabtu (08/12/2019) siang.

Lebih lanjut ia mengatakan, pasca peristiwa ini, Muhaini terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya. Saat ini, kondisi talud tersebut memang cukup rawan terjadi longsor susulan. Bilamana terjadi hujan, bukan tidak mungkin longsor yang terjadi semakin parah dan terus menggerus lahan rumahnya. Akibatnya sendiri bisa cukup fatal lantaran bisa membuat rumah yang bersangkutan roboh.

“Saat kejadian pemilik rumah ada di bagian depan semua yang tidak terdampak longsor sehingga peristiwa ini tak sampai menimbulkan korban jiwa. Kejadiannya sekitar setengah 8 malam,” urai dia.

Meski tak ada korban jiwa, Muhaini harus mengalami kerugian secara material. Jika ditaksir, kerugian sendiri mencapai Rp 4 juta. Saat ini, warga setempat bersama BPBD Gunungkidul tengah melakukan evakuasi material longsor di sekitar lokasi kejadian.

Berita Lainnya  Tragis, Usai Sholat Subuh, Lagiyem Gantung Diri di Kamarnya

“Kita rekomendasikan untuk mengungsi karena kondisinya cukup berbahaya. Jika ada hujan lagi bisa terjadi longsor susulan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler