fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lurah Mundur Karena Nyaleg, Pemkab Tunjuk Pj

Diterbitkan

pada

BDG

Saptosari,(pidjar.com)– Lurah Ngloro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Heri Yulianto mengundurkan diri sebagai lurah sejak Mei 2023 lalu lantaran mengajukan diri sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2024 mendatang. Surat pengunduran diri tersebut telah diproses oleh pemerintah, SK pemberhentian dari Bupati Gunungkidul pun juga telah turun.

Kepala Bidang Bina Administrasi dan Aparatur Pemerintah Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Gunungkidul, Kriswantoro mengatakan, beberapa waktu pasca Heri Yulianto menyerahkan surat pengunduran diri ke Kapanewon kemudian langsung diproses ke dinas. Adapun selanjutnya, dinas berkoordinasi dengan pimpinan dan bupati terkait dengan pemberhentian sebagai lurah.

“Saat itu kami berproses kemudian diakhir Juli kemarin SK pemberhentiannya sudah turun,” ucap Kriswantoro saat dikonfirmasi, Jumat (04/08/2023).

Berita Lainnya  Gunungkidul Berikan Diskon Belanja Hingga Tiket Masuk Wisata Untuk Pemegang KIA

Ia mengatakan, DPMKP2KB telah berkoordinasi dengan pemerintah Kapanewon Saptpsari berkaitan dengan pemberhentian Heri Yulianto sebagai lurah dan penujukan Penjabat (Pj) Lurah Ngloro. Rencananya, pemberhentian dan pelantikan akan dilakukan pada Senin minggu depan.

“Untuk saat ini lurah aktif masih bertugas sebagaimana ketugasannya. Baru berhenti setelah dilakukan pelantikan itu, karena sesuai dengan koordinasi jangan sampai ada kekosongan jabatan pimpinan dan pelayanan masyarakat terganggu,” jelas dia.

Sementara itu, Panewu Saptosari, Eka Priyatna mengatakan koordinasi telah dilakukan baik dengan Pemkab Gunungkidul maupun pemerintah Kalurahan Ngloro terkait dengan pengisian Pj Lurah. Saat itu, kapanewon meminta kalurahan untuk mengusulkan PNS di wilayah tersebut untuk Pj Lurah akan tetapi tidak ada yang memenuhi persyaratan.

Berita Lainnya  Entaskan Masalah Pemasaran Produk Lokal, Pemdes Sambirejo Teken Kesepakatan dengan UGM dan BRI Micro Finance

“Kami minta untuk mengusulkan, tapi tidak memenuhi syarat karena mereka guru dan ada yang bekerja di KUA. Maka dari itu meminta calon Pj ke Kapanewon,” ujar Eka Priyatna.

“Yang nantinya akan menjabat sebagai Pj adalah pak Subariman dari Staf Jawatan Projo Kapanewon Saptosari. Senin besok kami lakukan pelantikan,” tutup dia.

Sebagaimana diketahui, Heri Yulianto yang juga menjabat sebagai Ketua paguyuban lurah se Gunungkidul ini memilih meninggalkan jabatannya sebagai lurah untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) V yang meliputi Kapanewon Paliyan, Tanjungsari, Saptosari, Panggang, dan Purwosari menggunakan kendaraan politik partai PDI Perjuangan. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangannya untuk melangkah lebih jauh lagi.

“Tertanggal 4 Mei 2023 lalu surat permohonan pengunduran diri sudah diterima oleh Bamuskal. Tertanggal SK Pemberhentian saya diserahkan oleh bupati nah itu saya masuk pada masa purna tugas,” kata Heri Yulianto saat itu.

Berita Lainnya  Sesalkan Tindakan 7 Nelayan Tepus yang Terjerat Hukum Karena Bunuh Penyu, Bupati Akan Turun ke Lapang

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler