fbpx
Connect with us

Sosial

Lurah Ngloro Terpilih Jadi Ketua Paguyuban SEMAR

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan Gunungkidul melakukan perombakan jajaran pengurus organisasi pada masa jabatan 2020/2024. Dari perombakan kepengurusan ini, para lurah dan pamong memiliki harapan besar untuk lebih solid dalam keorganisaisan. Begitu pula dalam penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh lurah ataupun para pamong, setidaknya ada perhatian dan bantuan dan pengupayaan penyelesaian permasalahan.

Dalam perombakan pengurus ini, semula ketua SEMAR di jabat oleh Bambang Setiawan yang merupakan Lurah Kepek, Kapanewon Wonosari. Kemudian setelah dilakukan voting, hasilnya Heri Yulianto, Lurah Ngloro, Kapanewon Saptosari mendapatkan suara terbanyak. Dengan begitu ia kemudian resmi menjabat sebagai ketua SEMAR pada periode 2020/2024.

Heri mengatakan pada prinsipnya perombakan kepengurusan ini merupakan upaya meningkatkan sinergitas antara pamong kalurahan, lurah, pemerintah daerah dan jajaran diatasnya. Dengan begitu, nantinya jika terdapat permasalahan yang dihadapi oleh mereka yang berada di tingkat kalurahan dapat dikoordinasikan dalam penyelesaian permasalahannya.

“Yang kita tekankan dan jaga adalah sinergitas dan koordinasi. SEMAR ini kan merupakan paguyuban atau organisasi yang didalamnya ada lurah dan seluruh pamong mulai dari Dukuh dan pamong lainnya. Tentu dengan mereka memilih saya, itu ada tanggung jawab besar di pundak saya,” kata Heri Yulianto, Rabu (26/08/2020) saat Musda Luar Biasa di Bangsal Sewoko Projo.

Ia mencontohkan, permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh pamong kalurahan khususnya mereka yang dulunya berstatus staf dan saat ini status mereka “ngambang”, ini menjadi salah satu fokus dari paguyuban untuk berupaya membantu kejelasan status. Menurutnya kejelasan status sangatlah penting, pasalnya nanti juga akan berpengaruh pada hak dan kewajiban mereka.

“Ini sebenarnya merupakan permasalahan yang dihadapi teman-teman staf sejak beberapa waktu lalu. Kita sudah upayakan melakukan audiensi dengan DPRD bahkan sampai di tingkat pusat. Namun memang sampai sekarang belum ada informasi lanjutan, ya dengan reorganisasi ini mungkin kita akan upayakan kembali,” jelasnya.

Komunikasi dan saling berbagi informasi diharapkan terjalin dengan baik oleh pamong dan lurah dalam paguyuban ini. Dengan demikian jika ada salah satu diantaranya sedang tersandung permasalahan paling tidak ada sedikit bantuan penyelesaiannya. Pihaknya tidak ingin ada pamong atau lurah yang tersandung masalah tidak disupport dan justru diabaikan.

“Koordinasi lah yang utama. Setelah ini kita akan lakukan penyusunan kepengurusan lan lainnya. Sekali lagi saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan teman-teman semuanya,” tambahnya.

Sementara itu, ketua paguyuban Janaloka (dukuh), Anjar Gunantoro mengatakan, harapannya kinerja SEMAR akan lebih baik kembali. Komunikasi yang terjalin satu dengan yang lain terus dilakukan, dan saling terbuka. Paguyuban ini harus tetap ada sebagai wadah penyampaian aspirasi dan bertukar pikiran,

“Kebetulan saya menjadi salah satu tim formatur ya harapan kami bisa bekerjasama dengan baik,” ujar Anjar.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler