fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Manfaatkan Armada Angkudes Yang Mati Suri, Dishub Akan Aktifkan Layanan Bus Sekolah

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul berencana mengoperasionalkan bus yang diperuntukkan pelajar menuju ke sekolah. Adanya bus sekolah ditargetkan dapat dilaksanakan pada tahun ini. Diharapkan dengan adanya bus sekolah ini bisa meminimalisir adanya pelajar di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor untuk ke sekolah.

Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dishub Gunungkidul, Agus Hendro Kusumo, menyampaikan, rencana operasional bus sekolah ini dilatarbelakangi dari semakin banyaknya pelajar yang menggunakan sepeda motor ketika menuju ke sekolah. Padahal jika dilihat, usia pelajar di bawah 17 tahun sebetulnya belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor di jalan umum. Adanya operasional bus sekolah juga sebagai upaya untuk mengurangi kecelakaan bagi usia pelajar.

Berita Lainnya  Pemenuhan Kebutuhan Pasien Isoman Ditanggung Kalurahan

“Jadi memang itu baru rencana dan prosesnya masih panjang, kemarin kita sudah mengadakan rapat dengan organisasi daerah terkait. Ini kan keprihatinan kita saat ini anak sekolah sering menggunakan sepeda motor, nah kami coba berikan layanan bus sekolah,” ucapnya, Rabu (19/01/2022) siang.

Ia mengungkapkan, dalam penerapannya, bus sekolah ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar di semua jenjang pendidikan. Ia belum bisa memaparkan lebih jauh terkait rute mana saja yang akan dilalui bus sekolah. Namun demikian, ide adanya layanan bus sekolah disambut baik oleh organisasi daerah ketika rapat koordinasi awal kemarin.

“Perlu ada pembicaraan lebih lanjut lagi, bahasanya kemarin mereka mendukung dan menyambut baik. Yang penting poinnya kan itu dulu. Baru akan kita rapatkan lebih lanjut teknisnya bagaimana. Jadi memang baru proses rencana,” imbuh Hendro.

Sebelumnya, layanan serupa juga diberikan oleh Dishub di dua titik di Gunungkidul. Ia merinci rute yang pertama berada di Wonosari menuju ke Gedangsari dan Wonosari menuju Grogol. Dua layanan serupa tersebut sudah berjalan beberapa tahun terakhir dan telah banyak dimanfaatkan oleh pelajar. Meskipun demikian, ketika adanya kebijakan belajar di rumah layanan tersebut memang sempat terganggu. Terkait dengan armada, Dishub menyediakan armada operasional namun pihak sekolah juga diperkenankan untuk bekerjasama dengan pihak swasta untuk operasional bus sekolah.

“Yang ini kan rutenya masih dibicarakan, masih butuh survei-survei jalan dan lainnya. Tapi kalau targetnya tahun ini sudah bisa mulai ya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Angkutan, Bidang Angkutan dan Terminal, Dishub Gunungkidul, Patnawati, menyampaikan rencana operasional bus sekolah akan difokuskan di wilayah kota Wonosari. Operasional bus sekolah akan memanfaatkan angkudes yang saat ini sedang mati suri. Ia berharap layanan bus sekolah dapat segera beroperasi setelah mendapat persetujuan dari instansi-instansi terkait dan dapat dimanfaatkan pelajar untuk menuju ke sekolah.

Berita Lainnya  Peringati Hari Disabilitas, Kaum Difabel Gunungkidul Minta Diberdayakan di Bidang Ekonomi

“Jadi nanti rencana rutenya di kota, mengoptimalkan dan membangkitkan angkudes yang sekarang mati suri. Kalau yang di Gedangsari dan Grogol itu rute serta jamnya menyesuaikan anak-anak sekolah,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler