fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Masa Tunggu Jamaah Calon Haji di Gunungkidul Selama 32 Tahun

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Ratusan jemaah haji asal Gunungkidul mulai diberangkatkan beberapa waktu lalu. Masa tunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji pun tak tanggung-tanggung. Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Gunungkidul menyebut jemaah haji yang tahun ini mendaftar harus menunggu selama 32 tahun untuk melaksanakan haji.

Jabatan Fungsional Umum, Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Tomi Adhe Krisna, mengatakan untuk saat ini masa tunggu calon jamaah haji di Provinsi DIY termasuk Gunungkidul mencapai 32 tahun. Disebutnya jamaah yang diberangkatkan pada tahun ini merupakan jemaah yang mendaftar di tahun 2011 silam.

“Masa tunggu haji saat ini adalah 32 tahun, terkait kuota mengikuti kuota Provinsi,” kata Jabatan Fungsional Umum, Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Tomi Adhe Krisna,Jumat (09/06/2023).

Berita Lainnya  Enam Tips Mengatasi Nyeri Sendi

Dijelaskannya, calon jemaah haji di Gunungkidul yang saat ini belum diberangkatkan yang sudah melakukan pendaftaran sejak tahun 2012 hingga bulan Mei 2023 mencapai 6.734 orang. Menurutnya, data tersebut bisa berubah sewaktu-waktu karena dipengaruhi oleh jumlah jamaah yang membatalkan nomor porsi dengan berbagai alasan.

“Misalnya meninggal dunia, sakit menahun, atau karena ekonomi. Jadi data jumlah itu bisa berubah,” terang Tomi.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Gunungkidul, Sa’ban Nuroni mengatakan ratusan jamaah haji asal Gunungkidul mulai diberangkatkan pada Rabu (07/06/2023) lalu. Tercatat sebanyak 407 jemaah mulai diberangkatkan yang terbagi menjadi empat kloter. Disebutnya kloter 47 sebanyak 351 jemaah sudah diberangkatkan pada Rabu lalu, disusul kloter 49 dengan 46 jamaah dan kloter 52 sebanyak 6 jamaah yang diberangkatkan Kamis (08/07/2023).

Berita Lainnya  Selesai Dibangun, Rumah Sakit Bedoyo Langsung Difungsikan Jadi Shelter Kabupaten

“Kuota jamaah calon haji di Gunungkidul tahun ini mencapai 416 orang, ada beberapa yang tertunda karena sedang sakit dan sebagian karena kondisi lanjut usia,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler