fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Masih Banyak Pelanggaran, Satpol PP Akan Rajin Tegur Warga Yang Beraktifitas Tanpa Masker

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul serius dalam melakukan pencegahan penyebaran covid 19. Terlebih saat ini pemerintah tengah bersiap dalam penerapan new normal, sejumlah SOP yang wajib dijalani juga mulai dipersiapkan untuk diterapkan secara ketat. Diantaranya adalah penggunaan masker dan menghindari kerumunan.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul, Tri Sugiyardi menuturkan, menjelang diterapkannya new normal ini, petugas Satpol PP telah mulai memperketat pengawasan kegiatan masyarakat. Setiap harinya, petugas akan bergerak ke wilayah dan titik tertentu untuk melakukan pengawasan.

“Jadi pengawasan ini dilakukan secara menyeluruh, hari ini Paliyan dan Saptosari. Pengawasan adanya aktifitas yang menimbulkan kerumunan maupun penggunaan masker,” terang Tri Sugiyardi, Rabu (18/06/2020).

Kondisi di lapangan sendiri meski pemerintah telah gencar memberikan informasi mengenai pentingnya menggunakan masker dan menghindari kerumunan, namun faktanya masih banyak yang melanggar. Untuk itu, petugas kemudian aktif melakukan pengawasan. Tindakan ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran covid 19 di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Perkenalkan Ima, Dara Cantik Yang Rela Panas-panasan Jualan Cilok

“Sementara kami berikan himbauan, pengertian mengenai penggunaan masker, jaga jarak dan lainnya. Di new normal ini jangan sampai terlena, masyarakat tetap harus waspada,” tambah dia.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan di sejumlah titik yang sekiranya ramai aktifitas dan berpotensi menimbulkan kerumunan. Seperti misalnya Alun-alun Wonosari, tempat-tempat yang digunakan untuk nongkrong anak muda dan lainnya, kemudian juga di wilayah Kapanewon.

“Pasar tentu, tempat umum lainnya pun juga kami sasar pengawasan. Di bidang lain juga ada yang memberikan masker,” imbuhnya.

Di sejumlah tempat layanan umum pun juga menerapkan bahwa mereka yang berkunjung wajib menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Wakapolres Gunungkidul, Kompol Joko Hamitoyo beberapa waktu lalu memaparkan bahwa pihaknya siap siaga melakukan pengawasan dan pemantauan di tengah penerapan new normal. Sejumlah personil akan disiagakan untuk membantu pemerintah dalam mengawas akitifitas masyarakat, terlebih di tempat wisata yang akan diuji cobakan.

Berita Lainnya  Pemerintah Anggarkan 64 Miliar Untuk Atasi Kemiskinan di Gunungkidul

“Penjagaan tentu dilakukan pengawasan protokol kesehatan juga siap dilakukan,” ujar dia.

Nantinya pos-pos penjagaan dan pantauan juga akan dibuka di beberapa titik. Tak hanya itu, personil juga akan melakukan patroli secara rutin di tempat tertentu maupun ke wilayahan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler