fbpx
Connect with us

Sosial

Menilik Upaya PDAM Tirta Handayani Mengantisipasi Kekeringan Tahun Ini

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Meski masih sering turun hujan, namun Kabupaten Gunungkidul sebenarnya telah memasuki musim kemarau sejak beberapa bulan lalu. Namun dengan masih turunnya hujan, saat ini masih belum ada laporan dampak kekeringan yang terjadi pada musim kemarau kali ini. Meski demikian, kondisi ini tetap disikapi oleh PDAM Tirta Handayani untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat Gunungkidul.

Direktur Teknik PADM Tirta Handayani, Toto Sugiharto menuturkan, selama musim kemarau tahun ini, PDAM tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka antisipasi kekeringan. Pihaknya telah mengaktifkan kembali pompa untuk menambah debit air yang diambil dari sumber baku Seropan. Pengecekan sejumlah pompa-pompa dan jaringan lain juga telah dilakukan oleh pihak PDAM untuk meminimalisir berbagai gangguan maupun kendala yang terjadi.

Berita Lainnya  Gunungkidul Bisa Hasilkan Garam Kwalitas Premium

“Jangka pendek ini tetap kami optimalkan. Hanya memang kendala utamanya belum bisa mengoptimalkan sumber-sumber air melimpah seperti di Seropan, Bribin yang saat ini baru sebagian saja, kemudian sumber lain pun juga ada yang belum tersentuh,” kata Toto Sugiharto, Kamis (18/06/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya untuk jangka panjang, dari PDAM akan berupaya melakukan optimalisasi di Seropan dengan membuat IPA kapasitas 200 lps dan SBT Ngobaran 100 Ips. Namun demikian, untuk program ini merupakan rencana jangka panjang lantaran kebutuhan dana yang cukup besar.

“Sekarang ada 50.105 sambungan rumah tangga yang menjadi pelanggan PDAM Tirta Handayani Gunungkidul dari berbagai wilayah,” tambah dia.

Disinggung mengenai permasalahan yang timbul setiap musim kemarau di mana masyarakat sering mengeluhkan air tidak mengalir berhari-hari dan justru kran hanya mengeluarkan angin, ia mengatakan, untuk penyebab menurunnya kuantitas sumber pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Untuk itu, harapan besarnya sumber air tidak terdampak kekeringan dan peralatannya dapat bekerja dengan baik.

Berita Lainnya  Ini Dampak-dampak Berbahaya Narkoba Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

“Mudah-mudahan, harapan kami musim kemarau nanti tidak mempengaruhi debit sumber air sehingga dapat mengalir lancar,” tambahnya.

Sebagai bentuk pelayanan, pagi tadi dari PDAM Tirta Handayani melakukan pengecekan di wilayah Bohol, Cepogo, dan Gerotan. Meski telah memasuki musim kemarau, untuk kondisi sekarang masih sangat bagus, air mengalir deras dengan tekanan cukup bagus.

“Kondisi sekarang masih sangat bagus kok,”tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler