fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Masuk Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrim

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)– Kabupaten Gunungkidul sekarang ini memasuk masa peralihan atau pancaroba. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Gunungkidul menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap cuaca yang terjadi serta serangan penyakit yang bisa terjadi pada masa peralihan.

Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas menyampaikan bahwa di September ini sudah memasuki masa pancaroba. Potensi cuaca ekstrim ada pada masa peralihan, misalnya saja potensi curah hujan tinggi yang disertai kilatan petir serta angin yang sangat kencang.

Pemerintah daerah hingga masyarakat umum diharapkan melakukan antisipasi dini atas cuaca yang terjadi. Mulai dari persiapan drainase, pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang dan lain sebagainya.

Himbauan tetap terus diberikan. Termasuk dengan waspada akan penyakit,” ucap Reni Kraningtyas.

Berdasarkan prakiraan BMKG musim hujan baru akan datang di bulan Oktober mendatang, untuk di Gunungkidul diprakirakan pada akhir Oktober mendatang. Adapun puncaknya diperkirakan terjadi pada bulan Januari 2022 mendatang.

Di akhir tahun ini masih ada potensi fenomena La Nina. Namun demikian, diprkirakan kekuatan La Nina kali ini masih di kisaran netral ke lemah, yang sama seperti di tahun lalu.

Pemerintah sendiri sudah berkoordinasi dengan seluruh pemerintah kapanewon terkait persiapan pemerintah menghadapi musim penghujan. Pantauan di sejumlah kawasan rawan bencana pun juga mulai dilakukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan pada masa peralihan seperti ini ada beberapa penyakit menular yang perlu diwaspadai seperti misalnya DBD, Leptospirosis, ISPA, dan diare. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihannya.

Untuk penyakit tidak menular juga patis diwaspadai setiap saat. Termasuk kita harus tetap waspada covid19,” terang Dewi Irawaty.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler