fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mega Proyek Pembangunan Gedung Taman Budaya Diperkirakan Selesai Akhir Tahun 2020

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Pembangunan gedung Taman Budaya Gunungkidul sudah hampir selesai. Hingga pertengahan Oktober ini pembangunan gedung tiga lantai dengan anggaran Rp 168 Miliar dari Dana Keistimewaan ini sudah mencapai 93%. Diperkirakan mega proyek ini selesai pada akhir 2020. Sedangkan gedung bisa beroperasi pada 2021.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Agus Subaryanto mengatakan, pembangunan gedung yang nanti dijadikan lokasi aktivitas budaya di Gunungkidul tersebut merupakan target multiyears sejak 2018 lalu. Menurutnya sejak awal pembebasan lahan dan pembangunan pondasi pada 2018 lalu menghabiskan anggaran Rp 15 miliar. Sementara memasukki tahun 2019, anggaran yang dikeluarkan Rp 59 miliar.

“Kemudian tahun ini sekitar Rp 70 miliar,” jelas Agus, Rabu (21/10/2020).

Dikatakan Agus, tengat waktu penyelesaian gedung ini maksimal pada Juni 2021. Namun pihaknya memperkirakan pembangunan rampung pada akhir 2020.

Berita Lainnya  Berang Program-programnya Dihabisi, Suharno : Ini Politis, Yang Rugi Rakyat

“Sekarang tinggal finishing sudah hampir selesai, dari awal target kontraktor selesai akhir 2020,” katanya.

Sementara itu, Kasubag Administrasi Pembangunan Kabupaten Gunungkidul, Eko Nur Cahyo mengatakan, pihaknya selalu melakukan evaluasi dan monitoring terhadap progress pembangunan setiap dua Minggu sekali. Sejak awal mulai dibangun, pihak Pemkab Gunungkidul telah menargetkan pembangunan gedung ini usai pada akhir 2020.

“Tetapi kalau ada adendum kontrak masih bisa berlanjut hingga Juni 2021, tapi kalau melihat progress pembangunan positif,” ujar Eko.

Untuk mempersiapkan beroperasinya Taman Budaya Gunungkidul, Pemkab Gunungkidul juga belum lama ini membuka sejumlah formasi Tenaga Harian Lepas. Adapun THL yang dibutuhkan semester kedua tahun ini berjumlah 17 formasi. Formasi THL ini ditujukan untuk Taman Budaya Gunungkidul yang sudah hampir jadi.

Berita Lainnya  Harga Gaplek Tembus Yang Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kepala Bidang Formasi Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan, 17 formasi tersebut dibagi menjadi delapan ketugasan. Ketugasan tersebt meliputi plumbing dibutuhkan 3 orang, mekanikal dan elektrikal dibutuhkan 3 orang, petugas keamanan enam orang, operator genset dan sound 1, operstor lighting 1 orang, operator audio visual 1 orang, peniti wayang 1 orang dan juga peniti gamelan 1 orang.

“Saat ini sudah selesai Tes Kompetensi Dasar tinggal Seleksi Kompetensi Bidang,” tutup Reni.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler