fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mega Proyek Pembangunan Pelabuhan Gesing, Pemerintah Segera Bebaskan Lahan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah memiliki wacana untuk membangun sebuah pelabuhan di kawasan Pantai Gesing, Kapanewon Panggang. Keseriusan pemerintah ini sudah mulai dibuktikan dengan memproses beberapa tahapan. Saat ini, pengurusan sejumlah dokumen telah diproses. Beberapa waktu mendatang, akan segera dilakukan pembebasan lahan berkaitan dengan pembangunan pelabuhan ini.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta mengungkapkan, koordinasi pemerintah DIY, Kabupaten, dan Kapanewon terus dilakukan untuk pembahasan pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Gesing. Sri memaparkan, saat ini, sejumlah dokumen yang diperlukan berkaitan dengan rencana pembangunan ini telah diurus. Termasuk diantaranya pengurusan AMDAL.

“AMDAL masih dalam pembahasan stakeholders lingkup kabupaten dan kapanewon, mudah-mudahan tahun ini dokumen tersebut sudah selesai,” ucap Sri Suhartanta.

Sri menambahkan, pemerintah sendiri berencana untuk melaksanakan pembebasan lahan. Adapun rencana pembebasan lahan ini kian santer didengar oleh masyarakat sekitar. Penjajakan pun juga telah dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat maupun pemilik lahan. Dipaparkannya, bukan tak mungkin pembebasan lahan ini bisa dieksekusi dalam waktu dekat.

Adapun lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan PPI Gesing berkisar seluas 15 hektare. Di mana untuk plot anggarannya akan menggunakan dana keistimewaan. Lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seperti misalnya lahan seluas 4,7 hektare diantaranya akan menjadi zona inti dari pelabuhan tersebut. Dipilihnya pantai tersebut karena dianggap cocok dijadikan sebagai pelabuhan.

“Pantai Gesing memiliki pemecah ombak alami sehingga cocok untuk pelabuhan,” lanjutnya.

Di sisi lain lokasi pantai ini juga sangat strategis berada di sisi selatan dan barat yang merupakan kawasan perbatasan. Sehingga nantinya pemasaran komoditas perikanan dapat meluas ke daerah lain. Pelabuhan yang dimaksud bukan sekedar pelabuhan darat saja, melainkan juga menunjang berbagai sektor lainnya yang memudahkan nelayan dan pengunjung.

“Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sangat mendukung program dari Pemerintah DIY itu. Harapannya Gesing menjadi pelabuhan yang mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah melalui optimalisasi sumber daya kelautan dan Gunungkidul pada khususnya. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat sekitar,” imbuh Sri.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler