fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Sensasi Gugusan Karang Super Indah di Pantai Mbirit

Diterbitkan

pada

Saptosari,(pidjar.com)–Berbicara mengenai lokasi wisata pantai di Gunungkidul memang tiada habisnya. Obyek-obyek wisata pantai anyar terus bermunculan dan tentu saja menambah khasanah dunia pariwisata Gunungkidul.

Untuk pantai anyar, tak salah apabila nama Pantai Mbirit direkomendasikan untuk dikunjungi. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati suasana eksklusif bak pantai pribadi. Dengan segala pesonanya termasuk pasir putih bersih maupun pegunungan karang yang ada, pantai ini menjanjikan sensasi yang sangat berbeda dan berkesan.

Pantai Mbirit atau Birit terletak di wilayah Kecamatan Saptosari, tepatnya di Desa Krambilsawit. Akses untuk menuju Pantai Mbirit ini bisa diempuh dengan susur pantai. Yakni bisa memarkirkan kendaraan di Pantai Butuh, dari arah parkiran Pantai Butuh pengunjung bisa berjalan menuju ke arah timur. Untuk menuju bibir pantai, pengunjung memang harus meneruskan perjalanan ini dengan hanya berjalan kaki. Untuk memastikan lagi jalanan untuk menuju Pantai Mbirit disarankan bertanya kepada petugas parkir atau penduduk setempat.

Akses lainnya bisa juga melalui jalan setapak dengan melewati jalur perbukitan milik warga. Jalan tersebut lebih aman dibandingkan dengan susur pantai. Namun demikian, perjalanan yang harus ditempuh memang lebih jauh.

Berita Lainnya  Berawal Dari Tempat Keramat, Pantai Watulawang Kini Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Perjalanan yang ditempuh memang akan terasa sangat melelahkan, namun nantinya pengunjung akan di suguhi sebuah pemandangan yang masih sangat alami. Karena di pantai itu belum banyak dijamah oleh pengunjung seperti obyek wisata pada umumnya.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebab luasan pantai ini cukup sempit namun memiliki pemandangan eksptis yang begitu indah. Di Pantai Birit ini, walau hanya memiliki pasir pantai yang sedikit namun batu karang di sekitarnya bisa menjadi daya tarik background khususnya untuk penikkmat fotografi.

Di lokasi itu, banyak sekali sudut yang bisa di gunakan untuk pengambilan foto. Bahkan jika memiliki niat lebih, dari foto bisa diambil dari atas bukit sehingga menciptakan pemandangan gambar yang luas.

Panorama Pantai Mbirit dilihat dari atas bukit

Selain pemandangannya yang menggoda, di Pantai Mbirit ini juga sangat cocok digunakan sebagai spot memancing karena memiliki tebing-tebing yang curam dan langsung menjorok ke laut lepas. Tak sedikit bila datang ke pantai ini sering menjumpai orang yang memancing ikan. Tak hanya itu, kerap kali terlihat penduduk di sekitar pantai yang memancing ataupun memasang jebakan lobster.

Berita Lainnya  Menikmati Sensasi Mancing di Pantai Butuh, Salurkan Hobi Sekaligus Refreshing

Salah seorang pengunjung Pantai Mbirit, Surono warga Wonosari mengatakan dirinya kerap datang ke lokasi tersebut namun hanya untuk sekedar memancing ikan. Sangat jarang dijumpainya wisatawan berkunjung ke lokasi itu.

“Padahal lokasinya sangat indah. Tapi masih jarang saya melihat ada yang berwisata mungkin karena jalannya masih melelahkan,” kata dia, Minggu (24/03/2019).

Menurutnya, di sekitar pantai juga butuh diberikan rambu-rambu lokasi yang berbahaya untuk dilewati, misalnya di atas tebing. Memang, dari atas pemandanyan cukup indah namun aspek keselamatan menurutmya juga penting untuk diperhatikan.

Sementara itu, Kepala Desa Krambilsawit, Wagiya mengatakan Pantai Mbirit merupakan pantai baru yang masuk dalam pengembangan pihaknya. Nemun demikian, menurutnya akses pembukaan jalan perlu dilakukan.

“Untuk akses jalan kita perhatikan. Karena juga masuk salah satu pengembangan,” ucapnya.

Klik untuk Komentar

Berita Terpopuler