fbpx
Connect with us

Pariwisata

Berkunjung ke Pantai Siung, Surganya Para Pemanjat Tebing

Diterbitkan

pada

Tepus,(pidjar.com)–Berada di kawasan karst dengan tebing dan pegunungan yang tinggi menjadi ciri khas kabupaten Gunungkidul. Kondisi ini menjadi keuntungan tersendiri lantaran memiliki bentang alam dan pesona yang berbeda dibandingkan dengan wilayah lainnya. Selain itu, keistimewaan lain yang dimiliki Gunungkidul ialah garis pantai yang teramat panjang menjadikan Gunungkidul kaya akan potensi obyek wisata pantai. Perpaduan antara laut lepas dengan tebing-tebing tinggi menjadi daya tarik pemikat wisatawan untuk berkunjung. Salah satu diantaranya yakni pantai Siung yang memiliki pesona eksotis perpaduan laut lepas dengan dikelilingi tebing tinggi.

Pantai Siung sendiri berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Jarak untuk sampai ke obyek wisata di ujung selatan menjorok ke timur ini sekitar 30 km dari pusat Kota Wonosari. Namun siapa sangka meski jarak cukup jauh berkunjung ke pantai ini wisatawan bisa mendapatkan paket komplit. Sejak tahun 2004 silam, pantai ini dikenal dengan pantai penyedia spot panjat tebing yang benar-benar menguji nyali para penghobi maupun para profesional.

Salah seorang anggota Mapala Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Satria Permadi mengatakan, spot yang disuguhkan di tebing Pantai Siung sangatlah menantang. Namun demikian, ada sensasi yang bisa didapatkan saat berusaha menaklukan medan yang ada ini. Sensasi memanjat dengan pemandangan lautan lepas serta suara deburan ombak tentunya menjadi pembeda yang sangat ia gandrungi. Selain itu silirnya angin laut membuat ketenangan tersendiri.

Berita Lainnya  Dilengkapi Berbagai Wahana, Liburan ke Pantai Drini Jadi Makin Asyik

“Bagus banget viewnya di obyek wisata Pantai Siung khususnya spot panjat tebing. Tantangan saat memanjat juga banyak, harus benar-benar fokus. Jadi buat salurin hobi enak ngasah kemampuan juga oke,” kata Satria Permadi, Sabtu (23/03/2019).

Kenyamanan dan keselamatan para penghobi panjat tebing di kawasan pantai Siung pun ia harapkan juga harus diperhatikan. Misalnya saja secara berkala dilakukan pergantian angkor yang terpasang sehingga tidak membahayakan. Berada di tepi pantai, besi yang terpasang menurut dia sangatlah mudah rusak sehingga diperlukan pengecekan dan penggantian secara berkala.

Bagi Satria dan kawan-kawannya yang sering memanjat tebing, tentu tidak mempermasalahkan jika dari pengelola meminta semacam dana untuk melakukan perbaikan pada sarana prasarana. Pasalnya merupakan suatu hal yang sangat penting demi keselamatan bersama.

“Banyak kan mapala dan komunitas lain yang berkunjung untuk menyalurkan hobi. Bagi saya pribadi itu tidak masalah,” imbuh dia.

Di sisi lain, berkunjung ke obyek wisata Pantai Siung selain spot panjat tebing pantainya pun juga cukup menawan. Pasir putih masih mendominasi, air pantainya sangatlah jernih sehingga beberapa biota laut nampak jelas dari permukaan. Ombak yang ada pun juga tidak dapat diprediksi sesekali landai namun juga sering tiba-tiba ombak besar datang. Bermain di obyek wisata ini dijamin tidak akan jenuh karena spot foto maupun spot bermain air yang banyak.

Berita Lainnya  Cuaca Kurang Bersahabat di Pantai Selatan Gunungkidul, Tapi Masih Tergolong Aman

Meski demikian keselamatan pun juga harus diperhatikan, alam tidak pernah ditebak jika lengah tidak menutup kemungkinan dapat berdampak fatal. Kebersihan di pantai ini juga ditekankan agar todak ada sampah-sampah yang berserakan.

Untuk berkunjung ke obyek wisata pantai Siung memang membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 1 jam dari pusat kota Wonosari. Tak perlu khawatir akan tersesat pasalnya wisatawan bisa menggunakan aplikasi Maps atau bertanya pada masyarakat sekitar lantaran pantai ini memang sudah cukup terkenal. Untuk menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga juga sangat cocok. Tepi pantai yang luas sering juga digunakan untuk bercamping.

Pengunjung lain asal Kabupaten Sleman, Kusuma mengatakan, berkunjung ke pantai Siung juga dapat mengunjungi beberapa obyek wisata lain. Pasalnya di sekeliling pantai ini terdapat pantai-pantai lain yang tak kalah menarik meski belum seterkenal pantai besar yang ada. Misalnya ke pantai Banyu Nibo atau ke Bukit Pengilon yang spot yang begitu menarik.

“Kalau ke Gunungkidul itu komplit banget, sekali pergi bisa kebeberapa obyek wisata dan menarik semua,” tutup dia.

Klik untuk Komentar

Berita Terpopuler