fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menjelajahi Sejumlah Wisata Ekstrem di Kabupaten Gunungkidul yang Patut Dicoba

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul sangatlah beragam. Mulai dari pantai, wisata goa, wisata air, gunung, bahkan wisata buatan. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Terdapat pula beberapa obyek wisata yang cukup menantang adrenalin wisatawan dan patut dicoba saat berkunjung ke daerah ini.
Beberapa diantaranya yaitu

1. Wisata Susur Goa Jomblang
Aktivitas susur Goa Jomblang cukup menantang, serta membutuhkan membutuhkan alat khusus dan keahlian untuk menjelajahi goa. Sebab, berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang merupakan merupakan tipe goa vertikal, goa ini terbentu akibat runtuhan tanah dan vegetasi proses geologi. Runtuhan ini kemudian membuat sinkhole di mulut goa dengan dengan kedalaman 50 meter.

Adapun saat menyusuri goa jomblang pastinya pengunjung akan dibuat terkesima dengan kondisi di dalamnya. Obyek wisata ini pun juga dikenal dengan adanya cahaya surga. Untuk melihat fenomena ini pengunjung harus berjalan sejauh 300 meter di dalam goa.

2. Jogja Swing di Teras Kaca Pantai Nguluran
Penasaran dengan wahana Jogja Swing ? spot ini berada di obyek wisata Teras Kaca Pantai Nguluran, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Terdapat sebuah papan ayunan yang dengan standar keselamatan yang telah diperhatikan. Pengunjung kemudian diayunkan ke arah samudera hindia. Ada sensasi tersendiri yang bisa dirasakan.Beberapa pengunjung dari luar daerah berkunjung ke TerasKaca hanya untuk mencoba spot ini.

Berita Lainnya  Berkunjung ke Festival Kangen Kitiran, Memperkenalkan Kembali Mainan Tradisional Sembari Menikmati Sensasi Berfoto Bersama 10.000 Kitiran

Di bulan Ramadhan ini terdapat promo menarik loh. Dari tanggal 14 Maret sampai 14 April harga yang semula Rp 100 ribu ada potongan hanya menjadi Rp 50 ribu saja. Harga paket dari Rp 50 ribu menjadi jadi Rp 25 ribu saja. Harga tiket masuk pun juha ada promo dari Rp 15 ribu menjadi Rp 10 ribu.

Manager Marketing Teras Kaca, Gabilla Nasution mengatakan, Keamanannya pun terjamin, alat pelindung diri dipasang untuk mengantisipasi kecelakaan saat menjajal spot-spot yang menantang ini. Wahana Jogja Swing ini sendiri menurutnya sangat diminati oleh pengunjung baik lokal Gunungkidul maupun dari wilayah luar. Para pengunjung ini bebas berekspresi dan merasakan bagaimana terbang diatas ketinggian dan di bawahnya adalah lautan lepas.

Berita Lainnya  Gali Potensi Wisata, Kebun Insinyur Kembangkan Buah Unggulan

“Untuk keamanan tentunya kami pastikan aman. Karena sebelum dibuka untuk umum kami pastikan dulu bagaimana keamanannya dan alat yang digunakan benar benar kuat,” jelas Gabilla.

3. Jembatan Gantung Pulau Kalong
Satu lagi obyek wisata di Gunungkidul yang menawarkan panorama indah dengan ketenangan yang terjamin dan menantang adrenalin para pengunjungnya. Pulau Kalong atau Pulau Gelatik yang berada di deretan kawasan Pantai Wediombo bisa menjadi pilihan. Pulau ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo sejak beberapa tahun lalu sudah mulai dikunjungi oleh para wisatawan penggila foto maupun pecinta kegiatan menantang. Selain itu juga banyak digandrungi untuk aktivitas memancing.

Banyak wisatawan yang mengatakan jika Pulau Kalong ini menyerupai pantai Timang yang berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pasalnya untuk sampai ke sebuah pulau di seberang lautan ini, pengunjung harus melintasi sebuah jembatan gantung yang dulunya juga terdapat sebuah gondola sebagai alat penyeberangan.

Berita Lainnya  Dorong Semua Pelaku Wisata Jalani Vaksin, Dinpar: Supaya Saat Dibuka Bisa Segera Beraktifitas

Untuk sampai ke Pulau Kalong, perjalanan yang dibutuhkan memang cukup menguras tenaga. Pasalnya, jalur yang dilalui memang cukup ekstrim lantaran memang akses jalan masih kurang memadai. Namun demikian, seperti obyek wisata tersembunyi lain di Gunungkidul, keindahan serta panorama memukau yang tersaji sesampai di obyek wisata bisa menjadi obat mujarab kelelahan dalam menempuh perjalanan tersebut.

Ada sensasi tersendiri saat melintas di jembatan gantung yang terbuat dari bilah-bilah kayu yang satu persatu dikaitkan itu. Saat kaki berpijak pada satu bilah kayu, rasa deg-degan terus menyelimuti benaknya. Belum lagi jika ada angin yang bertiup, seolah dari ujung sampai ujung tali dan kayu ada yang menggerak-gerakkan. Butuh cukup keberanian memang untuk bisa menuju Pulau Kalong.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler