fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Alami Penurunan Sejak Penerapan PPKM

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Dalam penerapan PPKM Level 3 ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tetap membuka objek wisata dengan pembatasan maksimal 25 persen bagi pengunjung. Kebijakan yang disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2022 ini sangat berpengaruh bagi kunjungan wisatawan ke obyek wisata. Pada akhir pekan ini, jumlah kunjungan wisatawan ke pantai selatan mengalami penurunan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan, kunjungan wisatawan setelah diberlakukannya PPKM level 3 ini, kunjungan wisatawan memang mengalami penurunan. Jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul tidak sebanyak masa ketika belum ada penerapan PPKM Level 3. Hal ini dimungkinkan karena wisatawan telah mengetahui pemberitaan maupun edaran instruksi mengenai pemberlakuan PPKM level 3.

Berita Lainnya  Warga Masih Sering Sepelekan Laporkan Peristiwa Kependudukan, Denda Keterlambatan Lapor Tembus Angka 700 Juta

“Saat ini kebijakan jumlah pengunjung hanya boleh maksimal 25 persen karena adanya kenaikan level PPKM menjadi level 3,” kata Arif Aldian, Minggu (13/02/2022).

Arif mengaku, meski mengalami penurunan kunjungan wisatawan, pihaknya tetap memperketat kepatuhan protokol kesehatan di Pos Pemungutan Retribusi masuk ke kawasan wisata. Sepeti halnya wajib memakai masker maupun melakukan scan barcode atau menunjukan kartu vaksin.

Adapun tidak hanya itu, dirinya menyebutkan bagi pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker, akan diberikan teguran secara langsung.

“Jika ada yang kedapatan tidak menggunakan masker, akan kita berikan teguran langsung atau peringatan menggunakan pengeras suara, Petugas kami juga menyediakan masker bagi wisatawan yang tidak membawa masker,” ujarnya.

Arif menghimbau kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang ada di Gunungkidul untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

Berita Lainnya  Saat Petugas dan Warga Berjibaku Kembalikan Keindahan Pantai Selatan Yang Porak Poranda Dihantam Gelombang Pasang

“Kami terus menghimbau kepada wisatawan untuk tetap terus menerapkan prokes dengan ketat, sehingga tidak terjadi adanya penularan Covid-19 maupun omicron di kawasan wisata khususnya Gunungkidul,” pungkas Arif.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler