fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Menyaksikan Produk-produk UMKM Terbaik di Gunungkidul Expo 2022

Diterbitkan

pada

Playen,(pidjar.com)–Gunungkidul Expo 2022 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten dalam rangka memperingati Hari Jadi Gunungkidul yang ke 191 resmi digelar. Produk-produk unggulan Bumi Handayani akan dipamerkan secara megah di Taman Budaya Gunungkidul. Pada Jumat (28/05/2022) kemarin, helatan ini resmi dibuka oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto dihadiri oleh pejabat inti beserta sejumlah relasi.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, pameran ini sengaja dipilih sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Gunungkidul yang bertemakan Kridhaning Makarya. Pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak serta pelaku UMKM daerah, hal ini dimaksudkan untuk mengangkat potensi produk lokal ke masyarakat secara lebih luas. Pemerintah sendiri berusaha memanfaatkan momentum hari jadi ini sebagai pengungkit untuk bergulirnya roda perekonomian UMKM Gunungkidul yang lama goyah dihantam pandemi.

Berita Lainnya  Pantai Timang Digandrungi Wisatawan Malaysia, Dinas Siapkan Paket Wisata Khusus

“Kegiatan ini sebagai promosi produk-produk lokal yang sebenarnya beragam dan memiliki kualitas yang tidak kalah saing,” kata Kelik Yuniantoro.

Pada pameran yang digelar pertama usai 2 tahun tak ada kegiatan karena pandemi, pemerintah menghadirkan 81 stand mulai dari kerajinan, produk makanan, hingga sektor jasa. Pada kegiatan ini, Kelik stan terbaik juga akan dipilih pada akhir gelaran.

“Iya nanti ada pemilihan stand terbaik oleh tim independen yang dipersiapkan,” terang dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan pameran ini bisa menjadi momentum bangkitnya sektor UMKM selama pandemi. Ia tidak memungkiri jika selama pandemi sektor ini yang terdampak sangat berat. Pelaku usaha banyak yang oleng bahkan ada yang sampai gulung tikar.

Berita Lainnya  Potensi Penularan Covid19 Pasca Momen Libur Natal dan Tahun Baru

“Ini juga upaya pemerintah untuk membangkitkan kondisi daerah yang terdampak pandemi. Pada pameran ini mudah-mudahan terjadi perputaran yang lumayan besar,” terangnya.

Kegiatan Gunungkidul Expo ini akan diselenggarakan selama 5 hari mulai 27 sampai 31 Mei, selain itu pemerintah juga mementaskan kegiatan seni budaya. Terdapat banyak kegiatan seni yang mampu menghibur masyarakat Gunungkidul.

Dalam tinjauannya kemarin, Wakil Bupati Gunungkidul sempat mencicipi minuman dari Bunga Telang yang diproduksi oleh salah satu UMKM yang merupakan usaha binaan BPR BDG. Selain itu beberapa olahan makanan juga sempat dicicipi oleh orang nomor 2 di Gunungkidul tersebut.

“Kreatifitas pelaku usaha ini sungguh luar biasa, ada beragam produk yang inofatif dengan berbagai keunggulannya,” jelas Heri.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler