fbpx
Connect with us

Politik

Merawat Pertiwi, Kado HUT Megawati Untuk Semesta dan Anak Cucu

Diterbitkan

pada

Tanjungsari,(pidjar.com)–Perayaan cukup unik dilakukan oleh jajaran DPC PDIP Gunungkidul dalam peringatan HUT Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Sukarno Putri. Bukan menggelar perayaan megah, HUT Megawati diperingati dengan aksi penanaman ribuan pohon. Kegiatan sendiri dipusatkan di Pantai Midodari dan Pantai Watubolong di Kapanewon Tanjungsari pada Minggu (23/01/2022) ini.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengungkapkan, aksi penanaman pohon sendiri merupakan instruksi langsung dari Megawati Sukarno Putri. Menurut Endah, Megawati memang selalu memerintahkan kepada jajarannya untuk secara serentak melakukan penanaman pohon saat perayaan ulang tahunnya.

Hal ini adalah bentuk kepedulian Megawati kepada alam. Selama ini, fungsi pohon sendiri memang sangat besar bagi pelestarian lingkungan. Tak hanya sebagai sumber oksigen, pohon juga memiliki fungsi melindungi air tanah sekaligus juga mencegah longsor. Filosofi inilah yang kemudian menjadi latar belakang penanaman pohon sebagai perayaan ulang tahun ketua umum partai terbesar di Indonesia ini.

Berita Lainnya  Kisah Haru Relawan PMI Jemput Bocah 6 Tahun Yang Hasil Rapid Testnya Reaktif

“Ibu ketua umum memang sangat peduli kepada lingkungan alam,” beber Endah, Minggu siang di sela-sela acara penanaman pohon.

“Ini adalah kado untuk ibu Megawati sekaligus juga kepada semesta dan anak cucu kita,” lanjut dia.

Menurut Endah, pada kesempatan kali ini, pihaknya menanam seribu pohon. Lokasi penanaman sendiri difokuskan di Pantai Midodari dan Pantai Watubolong. Adapun pohon yang ditanam sendiri berjenis Cemara, Nangka dan Sirsat. Hadir dalam acara ini, pengurus ranting partai, pengurus DPC PDIP hingga Fraksi PDIP DPRD Gunungkidul.

“Temanya sesuai dengan kepedulian beliau terhadap lingkungan, yaitu Merawat Pertiwi,” papar dia.

Kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk perayaan ulang tahun Megawati sendiri sudah berlangsung 2 tahun berturut-turut ini. Pada tahun 2021 silam, kegiatan penanaman 1000 pohon dilaksanakan di sejumlah bantaran sungai di Gunungkidul seperti Kali Gowang, Kali Sanggrahan, hingga Bendung Beton.

“Ini akan terus kita laksanakan. Terus terang saya setuju dengan perayaan yang seperti ini. Menjaga alam sama juga dengan menjaga manusia,” papar Ketua DPRD Gunungkidul ini.

Untuk rangkaian kegiatan HUT Megawati sendiri, pihaknya akan menggelar sejumlah festival dan perlombaan. Kegiatan sendiri akan berlangsung hingga Juni 2022 mendatang.

Berita Lainnya  Disapu Banjir, Hektaran Lahan Pertanian Warga Berubah Jadi Batu Cadas

“Ada Festival Gamelan, Lomba senam Sicita, dan yang lainnya,” beber dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler