fbpx
Connect with us

Pariwisata

Terpagar Tebing, Pemandangan Pantai Ngeden Tambah Memikat

Diterbitkan

pada

BDG

Saptosari,(pidjar.com)–Gunungkidul dikenal sebagai wilayah seribu pantai. Terlebih kabupaten ini memiliki bentang gatau garis pantai yang cukup panjang yakni 72 km dari arah barat hingga ke timur, berbatasan dengan kabupaten Wonogiri. Banyaknya pantai pasir putih yang ada, sering membuat wisatawan bingung untuk berkunjung dan bersantai. Pantai Ngeden yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu dikala weekend seperti sekarang.

Pemandangan yang disajikan di pantai ini  tidak kalah cantik dengan pantai lain yang ada di Gunungkidul. Pantai Ngeden pun tidak terlalu luas, hanya sekitar 100-150 meter saja, namun tetap memiliki pesona tersendiri. Di sekelilingnya terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Meski telah dibuka untuk umum sejak 2015 lalu, pantai ini kian ramai. Bahkan fasilitas yang ada mulai sedikit banyak diperhatikan, pesonanya terus muncul seiring berkembangnya pariwisata. Dari mereka yang berkunjung, biasanya melakukan aktifitas camping, atau beberapa hal lainnya.

Berita Lainnya  Pemkab Selesaikan Tahap Persiapan Akhir, Revitalisasi Pantai Baron Tinggal Tunggu Waktu

Salah seorang wisatawan Fitriana, mengatakan Pantai Ngeden cukup menarik digunakan untuk bersantai sambil menikmati hamparan laut lepas dengan ombak yang dipecah batuan karang. Tidak hanya bisa dinikmati di atas pasir saja, namun keindahan pantai lebih indah dinikmati di sebuah gazebo.

“Panas-panas seperti ini bisalah kami ngadem di pantai. Menikmati silirnya angin pantai dan luasnya hamparan pasir putih serta air laut,” kata Fitriana, Minggu (22/09/2019).

Pantai Ngeden diapit oleh dua tebing besar yang dipenuhi tanaman pohon pandan laut. Batuan terumbu karang banyak terlihat di sisi kiri pantai yang terhimpit dengan tebing. Karang yang dtumbuhi rumput laut ini dipenuhi dengan hewan laut kecil yang bersembunyi.

Berita Lainnya  Melihat Sungai Bengawan Solo Purba di Girisubo, Situs Prasejarah Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Banyak wisatawan yang memanfaatkan Pantai Ngeden untuk acara camping. Pantai ini juga sangat cocok bagi pecinta sunset karena tengelamnya matahari nampak terlihat jelas. Ditemani dengan suara-suara deburan ombak semakin terasa syahdu menjelanh malam.

Keindahan sunset juga bisa dilihat dari atas tebing yang ditempuh dengan berjalan sepanjang kurang lebih 450 meter. Terlebih saat ini sudah ada jalan setapak permanen untuk mempermudah wisatawan naik hingga puncak. Gardu pandang diatasnya bisa dijadikan teduhan untuk menikmati sunset. Banyak pula pemancing yang memanfaatkan gardu pandang tersebut untuk menyalurkan hobinya.

“Indah memang. Layaknya di pantai-pantai lain, untuk fasilitasnya sudah mulai lengkap. Sangat bagus. Terlebih saat senja.” imbuh dia.

Jarak ke Pantai Ngeden sekitar 36 kilometer dari pusat Gunungkidul dan 15 kilometer dari Kantor Kecamatan Saptosari. Adapun rute yang dilalui, pada Jalan Saptosari-Panggang di pertigaan depan Balai Desa Jetis, belok ke arah selatan menuju Desa Ngloro. Tepat di pertigaan depan Balai Desa Ngloro, belok ke kanan. Tak perlu khawatir pada setiap persimpangan terdapat banyak papan penunjuk arah menuju Pantai Ngeden.

Berita Lainnya  Pandemi Berangsur Mereda, Target PAD Pariwisata Dinaikkan 2 Kali Lipat

Sebelum masuk ke Padukuhan Bedalo, pengunjung akan melalui jalan aspal sekitar 1,5 Km. Setelah jalan beraspal yang terakhir, pengunjung akan melalui jalan cor beton yang sudah rusak. Jalan ini berbarengan dengan Pantai Butuh, namun di persimpangan akan ditemui petunjuk jalan menuju Ngeden dan Butuh.

“Patut dicoba berkunjung ke pantai ini. Berkunjung ke sini bisa ke beberapa pantai lain yang jaraknya tidak terlalu jauh,” tutup dia. (arista)

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler