fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Kesejukan dan Keindahan Pantai Nampu, Pantai Dengan Berbagai Pesona

Diterbitkan

pada

Girisubo,(pidjar.com)–Nama Pantai Nampu nampaknya sudah tak asing lagi di telinga para pecinta travelling. Nama pantai ini tidak hanya dipakai untuk pantai di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah saja melainkan di Gunungkidul juga memiliki pantai yang diberi nama Pantai Nampu. Berada di ujung timur Gunungkidul, pesona obyek wisata tersebut tak kalah menarik dengan pantai besar lainnya. Paket komplit bisa didapat saat berkunjung ke pantai ini lantaran banyak aktifitas dapat dilakukan untuk menyalurkan hobi para wisatawan di pantai ini.

Para pengunjung bisa melakukan aktifitas memancing di tebing-tebing di sisi barat dan timur. Jika berkunjung pada waktu yang tepat, wisatawan bisa pula membeli ikan-ikan segar dengan harga murah lantaran langsung didapatkan dari para nelayan yang mendarat di Pantai Nampu.

Aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah bercamping. Tak sedikit anak muda dan komunitas Mapala sering menghabiskan waktu di Pantai Nampu. Bibir pantai ini cukup luas dan panjang, sehingga beberapa kegiatan lain bisa dilakukan bebarengan seperti bermain sepakbola dan yang lainnya. Biasanya para remaja yang bermalam di tepi pantai ini akan sangat menikmati suasana sore sembari menunggu matahari tenggelam di tepi pantai yang memang memberikan sensasi yang berbeda.

Berita Lainnya  Berkunjung ke Festival Kangen Kitiran, Memperkenalkan Kembali Mainan Tradisional Sembari Menikmati Sensasi Berfoto Bersama 10.000 Kitiran

Pasir putih masih mendominasi kawasan pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Wediombo ini. Sisi barat dan timur pantai ini, dikepung oleh tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau dan agak menjorok ke laut. Bermain air di pantai Nampu, layaknya di pantai-pantai lainnya perlu kewaspadaan pasalnya ombak sewaktu-waktu dapat menggulung dan menyeret tubuh.

Namun tak perlu takut, jika sore hari ombaknya cukup bersahabat. Landai dan enak untuk bermain air dengan menikmati silirnya angin pantai dan bercengkrama dengan alam. Airnya pun sangat bening, rumput laut, batu karang hingga ikan kecil-kecil nampak jelas terlihat.

“Bagus pantai pasir putihnya luas dan bersih. Nyaman sih, kek mau berlama-lama kalau berkunjung ke sini,” ujar salah seorang pengunjung, Afni Kurnia, Minggu (12/05/2019).

Fasilitas di pinggir pantai juga cukup memadahi, mulai dari tempat ibadah (Mushola), warung makan hingga toilet. Kebersihan di pantai juga cukup terjaga, beberapa tempat sampah tersedia di sepanjang pinggiran pantai. Kemudian beberapa petugas kebersihan pun juga seringkali menyisiri dari ujung hingga ujung untuk memunguti sampah.

Afni mengatakan, daya tarik lain dari pantai Nampu adalah saat mendaki tebing di sebelah timur yang tengah dikembangkan oleh masyarakat setempat sebagai obyek wisata. Saat menyusuri tebing memang cukup menguras tenaga, namun lelah dan keringat yang keluar akan terbayar dengan indahnya pemandangan dari atas.

Berita Lainnya  Dinas Kantongi Rp 2,1 Miliar pada Libur Natal dan Tahun Baru

“Garis pantai sebelah timur yakni Wediombo terlihat jelas dari ketinggian. Luar biasa sekali, di sini ada beberapa spot foto yang bisa diambil, angin yang bertiup semakin menambah akrab suasana,” imbuh pemuda ini.

Adapun rute perjalanan yang harus ditemupuh untuk sampai di pantai Nampu adalah, pengunjung harus menuju ke kawasan Girisubo, mengikuti jalur utama yang ada di kawasan selatan. Di sepanjang jalan terdapat petunjuk arah untuk menuju pantai Nampu dan Pantai Wediombo, sampai di desa Jepitu nanti masih ada petunjuk jalan.

Kira-kira memerlukan waktu 1,5 jam perjalanan dari kota Wonosari. Tak perlu khawatir dengan medan yang akan ditempuh, jalan dari kota sampai ke parkiran pantai ini sudah cukup bagus dan beraspal. Satu yang perlu diperhatikan mendekati pantai ini adalah adanya satu turunan dan tikungan yang cukup curam, sehingga perlu kehati-hatian saat berkendara.

“Masih aman sih sebenarnya, ya cuma perlu hati-hati yang lebih aja kok terlebih bagi wisatawan yang tidak hafal medan,” imbuhnya.

Klik untuk Komentar

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler