fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Monyet-monyet Liar Mulai Berkeliaran di Jalanan, Picu Kecelakaan Lalu Lintas

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari, (pidjar.com)–Monyet ekor panjang tak hanya meresahkan para petani saja, melainkan juga para pengguna jalan. Saat ini, dengan tingkat populasi yang cukup banyak, banyak dari monyet-monyet tersebut yang berkeliaran di jalanan. Hal ini tentunya berisiko menyebabkan kecelakaan seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Menyikapi kejadian tersebut, Dinas Perhubungan bersama Polsek Tanjungsari, Pemerintah Kalurahan Kemiri, serta masyarakat melakukan survey jalanan rawan kecelakaan dan jalur rawan penyeberangan monyet. Diharapkan dengan pemetaan semacam ini, segera bisa dilakukan langkah antisipasi mengingat jalur tersebut cukup ramai, terutama manakala akhir pekan.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengungkapkan, pelaksanaan survey sendiri telah dilakukan beberapa hari lalu di wilayah Kalurahan Kemiri, Kapanewon Tanjungsari. Jalanan yang disurvei meliputi tanjakan rawan kecelakaan di sebelah selatan Polsek Tanjungsari, tikungan dan simpang tanjakan sebelah utara Indomaret, tikungan Telaga Lebak, serta jalur rawan penyeberangan monyet di Kalurahan Kemiri.

Berita Lainnya  Tim Peneliti Temukan Sumber Air Besar di Goa Wuluh Kumet

“Seperti yang sempat viral kemarin di mana terjadi kecelakaan pengendara motor menabrak monyet yang akan menyeberang jalan. Banyak kehawatiran dari warga sekitar akan terjadinya kecelakaan berikutnya,” ucap Rakhmadian, Jumat (10/06/2022).

Selain itu, pada jalur yang dipetakan tersebut juga sering terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara yang melaju cukup kencang padahal tidak hafal medan. Untuk mengantisipasi kejadian-kejadian serupa, rencananya pada jalan tersebut akan dipasang papan himbauan ataupun peringatan agar pengendara lebih berhati-hati.

“Dinas Perhubungan akan melakukan pemasangan beberapa papan himbauan hati-hati terhadap pengendara,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selain pemasangan papan himbauan, juga direncanakan akan dipasang rambu peringatan yang akan diteruskan ke Pemerintah Provinsi yang memiliki kewenangan di jalan tersebut. Upaya usulan normalisasi tikungan juga akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi sesuai kewenangannya.

Berita Lainnya  Empati Pada Bencana Gempa dan Tsunami Palu, SMP N 3 Wonosari Gelar Sholat Ghoib

“Ada pengusulan normalisasi jalan diantaranya tanjakan selatan Polsek Tanjungsari, tikungan utara Indomart, tikungan telaga lebak dan simpang tiga turunan curam yang merupakan jalur alternatif Kemiri menuju Paliyan. Di mana ke empat lokasi ini menurut masyarakat itu daerah rawan dan sering terjadi kecelakaan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler