fbpx
Connect with us

bisnis

Mudahkan Transportasi Lokal, KAI Commuter Line Bakal Masuk Madiun

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja (pidjar.com)– Setelah berhasil memicu pertumbuhan ekonomi di wilayah DIY, Klaten dan Jawa Tengah, KAI Commuter Line Daop 6 Yogyakarta merencanakan akan memperpanjang relasinya hingga Madiun, Jawa Timur.

Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto mengatakan, rencana perpanjangan relasi itu sebagai upaya KAI Commuter Line dalam memberikan kemudahan transportasi lokal bagi masyarakat sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tsrsebut.

“Ya untuk pertumbuhan ekonomi dan memudahkan transportasi kereta lokal. Kita belajar dari pertumbuhan kereta lokal sangat berpengaruh untuk pertumbuhan ekonomi baik di Jawa Timur, Tengah dan Jawa Barat, ” katanya kepada wartawan, Jum’at (3/5/2024) sore.

Asdo menyebut, meski akan memperpanjang relasi sampai Madiun, namun tidak ada jalur baru. Saat ini rencana tersebut masih menjadi usulan sembari menunggu prasarana yang akan dibangun pemerintah, khususnya Kementrian Perhubungan untuk pembangunan jalur listrik di atasnya.

Berita Lainnya  Potensi Besar Eduwisata Berbasis Jati, Madu dan Bambu di 5 Kalurahan di Gunungkidul

“Sekarang kan sudah sampai Palur nanti kalau ada penugasan lagi, pemerintah ada jalur listrik nya tentu saja diteruskan dari Palur sampai Madiun, ” ujarnya.

Lebih lanjut Asdo menjelaskan, antusias masyarakat juga cukup tinggi di masa angkutan lebaran dengan pertumbuhan jumlah penumpang cukup signifikan juga menjadi catatan dalam mengusulkan penambahan relasin itu. Bahkan penumpang Commuter Line ini tidak hanya didominasi lintas Jogja-Solo saja, namun juga dari luar Jogja-Solo banyak yang berminat mencoba angkutan KRL ini.

“Pertumbuhan ini menjadikan pengguna kereta Prameks dan KRL meningkat drastis. Di awal operasi tercatat hanya 150 sampai 200 penumpang per hari. Saat ini jumlahnya menembus 2 ribu pengguna per hari bahkan di akhir pekan bisa mencapai 3 ribu pengguna, ” tandasnya.

Berita Lainnya  Susahnya Menumbuhkan Rasa Cinta Kaum Muda Kepada Dunia Pertanian

Vice President (VP) Commercial KAI Commuter, Gotro Nur Riyadi menambahkan, selama 2023 pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo mencapai 6.453.099 orang atau naik 44 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk Prameks mencapai 882.046 orang atau naik 26 persen dari tahun sebelumnya.

“Volume pengguna 2023 Commuter Line Yogyakarta-Solo pada hari kerja 17.342 orang dan akhir pekan 22.703 orang. Untuk Commuter Line Prameks, pengguna hari biasa 2.169 orang, pengguna akhir pekan 2.897 orang,” pungkasnya.
(Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler